Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penilaian Hasil Belajar pada Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0

  • Hari Wahyono Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Tidar
Keywords: tekonolgi informasi, penilaian, milenial, revolusi industi 4.0

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi (TI) berpengaruh pada berbagai sektor. Dampak perkembangan TI dirasakan pula pada sektor pendidikan, bahkan  perkembangannya sangat menguntungkan dunia pendidikan. Dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi, berbagai sumber belajar dapat diakses dengan mudah, cepat, dan murah. Kemudahan, kecepatan, dan murahnya biaya dirasakan pula pada saat mengakses literatur, referensi, jurnal hasil penelitian, e-book,  dan lain-lain. Berbagai hal sudah dapat diakses secara langsung oleh pendidik (guru dan dosen) dan peserta didik (siswa dan mahasiswa) menggunakan media komputer atau pensel android.   Hal ini seiring dengan kondisi peserta didik pada saat ini yang tidak lagi gaptek (gagap teknologi). Peserta didik pada saat ini tidak gaptek karena masuk dalam kategori generasi milenial. Generasi milenial adalah generasi yang dalam kehidupan sehari-hari tidak pernah lepas dari TI (ponsel android, komputer, internet, dll.). Oleh karena itu, pendidik perlu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk mengembangkan model penilaian hasil belajar. Pemanfaatan teknologi informasi dalam penilaian hasil belajar merupakan bentuk inovasi penilaian. Penilaian berteknologi informasi menjadikan penilaian tidak lagi dilakukan secara manual, tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu, dapat dilaksanakan kapan saja, dimana saja, oleh siapa saja. Penilaian berteknologi informasi dapat menciptakan penilaian yang objektif, akuntabel, transparan, adil, terintegrasi, dan transparan. Penilaian berteknologi informasi  merupakan bentuk Inovasi penilaian. Penilaian hasil belajar generasi milenial  yang berteknologi informasi menjadi ciri penilaian pada era revolusi industri 4.0.

Published
2019-09-17