Penuntun praktikum koin genetika pada materi pewarisan sifat untuk peserta didik kelas XII: Studi pengembangan dan validasi

  • Uswah Nur Fajriani Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
  • Eva Fariha Nurulhusna Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
  • Achmad Syahputra Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
  • Sonia Ervinna Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
  • Rizhal Hendi Ristanto Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
  • Ade Suryanda Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
  • Daniar Setyo Rini Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Genetika, Pengembangan, Penuntun praktikum, Pewarisan sifat

Abstract

Kegiatan praktikum sangat diperlukan dalam pembelajaran biologi, namun kegiatan tersebut tidak akan berjalan dengan baik apabila ketersedian penuntun praktikum masih belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas perangkat penuntun praktikum koin genetika pada materi pewarisan sifat untuk siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan 3 tahap model pengembangan 4-D yaitu define, design, dan develop. Penelitian ini telah dilakasanakan pada bulan April sampai Juni 2020. Validasi instrumen dilakukan oleh dua orang ahli yaitu guru biologi sekolah menengah atas di Jakarta. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi penuntun praktikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penuntun praktikum valid dan layak dengan hasil penilaian rata-rata dari ahli yaitu pada aspek kebahasaan 0.952; aspek penyajian 0.916; aspek tampilan 0.916. Penuntun praktikum yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran.

References

Abimbola, I. O., & Baba, Salihu. 1996. Misconceptions & Alternative Conceptions in Science Text- books:The Role of Teachers as Filters. Journal The American Biology Teacher. 58(1), 14-19. https://doi.org/10.2307/4450067

Arifin, A. 2003. Komunikasi Politik: Paradigma Teori Aplikasi Strategi dan Komunikasi Indonesia. Jakarta: PT. Balai Pustaka

Azwar, S. 2013. Validitas dan Reliablitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bago, A. S. 2018. Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Disertai Gambar Pada Materi Jaringan Tumbuhan Berbasis Guided Discovery Untuk Siswa SMA Se Kecamatan Telukdalam. Jurnal Education and development. 5(2), 85-90. https://doi.org/10.37081/ed.v5i2.1027

BNSP. 2006. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar. http://bsnp- indonesia.org/id/?page_id=103/. Diakses tanggal 19 Juli 2020

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakatra: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Menajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djamahar, R., Ristanto, R. H., Sartono, N., & Darmawan, E. (2020). Approaches to respiratory and excretion systems teaching: an innovative learning through cirsa. Universal Journal of Educational Research, 8(6), 2204-2210.

Fauzi, A., & Fariantika, A. (2018). Courses perceived difficult by undergraduate students majoring in biology. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 78-89. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v11n2.78-89

Fauziah, N. 2018. Validitas Penuntun Praktikum Biologi Umum Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Mahasiswa. Journal Indonesian Biology Teachers. 1(2), 42-45.

Hamdani, M., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. (2020). Demonstration and experiment on archaebacteria and eubacteria: effectiveness for cognitive learning outcomes (CLO) based on critical thinking skill. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 75-85.

Harjanto. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rieka Cipta

Kahmidinal. 2009. Teknik Laboratorium Biologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Kilic, B. G., Sener, S. 2005. Family Functioning And Psychosocial Characteristicsin Children With Attention Deficit Hyperactivity Disorder With Comorbid Oppositional Defiant Disorder Or Conduct Disorder. Turk Psikiyatri Derg. 16(1), 21-8.

Kristiani, E., Ristanto, R. H., & Lisanti, E. (2020). Exploring gender-based biological concepts: an analysis of bilingual secondary school students. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 1- 13.

Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. 2018. Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan. 2(2), 170-177. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245

Miharja, F. J., Hindun, I., & Fauzi, A. (2019). Critical thinking, metacognitive skills, and cognitive learning outcomes: a correlation study in genetic studies. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 135 - 143. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v12n2.135-143

Muhajir, M. 2015. Pengembangan Penuntun Praktikum Bioteknologi Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Binamu Kab. Jeneponto. Jurnal Biotek. 3(1), 125-132. https://doi.org/10.24252/jb.v3i2.1101

Musyarofah. 2006. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Sains Bidang Kimia SMP/MTs Kelas IX Berdasar Kurikulum SMP 2004. Skripsi. tidak diterbitkan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurhayati, N., Astuti, T. A., Ristanto, R. H., & Miarsyah, M. (2020). Pengembangan Asesmen Kinerja Praktikum Sistem Respirasi Pada Serangga. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 8(2), 131-138.

Nurussaniah, & Nurhayati. 2016. Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar 1 Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Priosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), V, 63–68. https://doi.org/10.21009/0305010214

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Prawirohartono, Slamet, & Hidayati S. 2010. Sains Biologi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Prawirosentono, Suyadi, & Primasari, D. 2014. Manajemen Stratejik & Pengambilan Keputusan Korporasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah. 2018. Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1(2), 56-62. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.302

Rahmi, Y. L., Novriyanti, E., Ardi, A., & Rifandi, R. 2018. Developing Guided Inquiry-Based Student Lab Worksheet for Laboratory Knowledge Course. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering. 335(1). IOP Publishing. DOI:10.1088/1757- 899X/335/1/012082

Ristanto, R., Rahayu, S., & Mutmainah, S. (2021). Conceptual Understanding of Excretory System: Implementing Cooperative Integrated Reading and Composition Based on Scientific Approach. Participatory Educational Research, 8(1), 28-47.

Ristanto, R. H., Djamahar, R., Heryanti, E., & Ichsan, I. Z. (2020). Enhancing students’ biology- critical thinking skill through CIRC-Based scientific approach (Cirsa). Universal Journal of Educational Research, 8(4A), 1-8.

Suprapto, P. K., Riyanto, A., & Nuryadin, E. (2020). Wimba learning strategy with PjBL model: How the effect student in excretory system concept?. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 292-306.

Suryanda, A., Rusdi, R., & Kusumawati, D. 2018. Pengebangan Praktikum Virtual Urinalisa sebagai media pembelajaran Biologi Kelas XI. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 1-8. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.1

Treagust, D., and Duit, R. 2009. Multiple Persfectives of Conceptual Change in Science and Challenge Ahead. Journal of Science and Mathematic Education in Southeast Asia. 32(2), 89- 104.

Thiagarajan, S. et al. 1947. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesota: University of Minnesota.

Walpole, R. E. 1992. Pengantar Statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Wenno, I. H. 2008. Strategi Belajar-Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta: Inti Media

Published
2021-02-02