Pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis roll spin test pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
DOI:
https://doi.org/10.21009/19642Keywords:
Pendidikan, Media Pembelajaran, BiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi pembelajaran berbasis roll spin test pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Roll spin test merupakan alat atau media pembelajaran yang dapat menyajikan perangkat pembelajaran seperti soal-soal mengenai materi evaluasi pembelajaran yang terintegrasi dalam satu paket. Media ini dirancang dengan menggunakan model pengembangan 4D yang memiliki 5 tahapan, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Alat evaluasi pembelajaran ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Setelah media dinyatakan layak, maka dilanjutkan dengan uji kelompok besar untuk melihat respon repon siswa. Validasi alat evaluasi pembelajaran berbasis roll spin test oleh ahli media diperoleh skor sebesar 0,88 (88%) dengan kriteria sangat layak. Kemudian, hasil validasi materi oleh ahli materi diperoleh skor sebesar 0,75 (75%) dengan kriteria layak. Hasil ujicoba kelompok besar dengan jumlah 30 orang mahasiswa pendidikan biologi sebagai responden diperoleh skor sebesar 64,65% dengan kriteria layak. Dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi pembelajaran berbasis roll spin test pada materi pertumbuhan dan perkembangan tanaman layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Pendidikan, Media Pembelajaran, Biologi
References
Arifin, Z. (2010). Evaluasi pembelajaran. Historische Literatur, 4. DOI: https://doi.org/10.1177/1077800408324210
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Djamahar, R., Rahmah, S., Sartono, N., Ristanto, R. H., & Darmawan, E. (2023). Mind map-integrated digital flipbook of circulatory system (DFM-Circulatoria): Learning media development. AIP Conference Proceedings, 2595. https://doi.org/10.1063/5.0123618
Dumayanti, H., Putri Indriani, R., Hariyanti, E. N., Ristanto, R. H., Miarsyah, M., Biologi, P., Matematika, F., & Pengetahuan, I. (2022). Two-Tier Test: Development of Critical Thinking Instruments for Ecosystem Concepts. 12(1), 48–62.
Fadilah, I., Rusdi, R., & Ristanto, R. H. (2023). Development of hormone system teaching material for distance learning to improve students digital literacy. Jurnal Pijar Mipa, 18(3), 290–304. https://doi.org/10.29303/jpm.v18i3.4587
Harahap, L. J., Ristanto, R. H., & Komala, R. (2020). Evoking 21st-Century Skills: Developing Instrument of Critical Thinking Skills and Mastery of Ecosystem Concepts. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 5(1), 27–41. https://doi.org/10.24042/tadris.v5i1.5943
Miarsyah, M., Ristanto, R. H., Nurhayati, Mufida, S. N., Suparini, & Zharroh, A. E. (2020). Development of adobe flash media integrated into HOTS on circulation system (AF-HOTS bicycle media). International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, 9(1), 896–903. https://doi.org/10.30534/ijatcse/2020/128912020
Nurseha, I., Miarsyah, M., & Ristanto, R. H. (2022). Covid-19 literacy test: Developing of instruments and measuring for high school students. Biosfer, 15(1), 1–11. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25377
Rendra, G. R. P., Darmawiguna, I. G. M., & Sindu, I. G. P. (2018). Pengembangan e-modul berbasis project-based learning menggunakan schoology. Karmapati, 7(2), 50–58. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/download/15269/9316
Ristanto, R. H., Djamahar, R., Rifan, M., Sigit, D. V., Darmawan, E., & Prajoko, S. (2023). The bio-repropedia website and biological literacy: Developing of reproductive system learning media. AIP Conference Proceedings, 2595. https://doi.org/10.1063/5.0123616
Ristanto, R. H., Rusdi, R., Mahardika, R. D., Darmawan, E., & Ismirawati, N. (2020). Digital Flipbook Imunopedia (DFI): A Development in Immune system e-learning media. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 14(19), 140. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i19.16795
Solihudin JH, T. (2018). Pengembangan e-modul berbasis web untuk meningkatkan pencapaian kompetensi pengetahuan fisika pada materi listrik statis dan dinamis sma. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51. DOI: https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13731
Subali, B. (2014). Evaluasi pembelajaran (proses dan produk). Makalah Disajikan Dalam Workshop Evaluasi Program Pembelajaran (Proses & Produk) Bagi Dosen, 1–32. http://staffnew.uny.ac.id/upload/130686158/pengabdian/unmuh-evaluasi-pembelajaran-r.pdf
Sulasteri, S., Rasyid, M. R., Akhyar, M. (2018). The effect of the use learning based on presentation media on interest and mathematical learning ourcomes. MaPan, 2 (6), 221-236. DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a8
Tsukerman, A. I., Dobretsov, G. E., Golovanova, V. B., & Dombrovsky, A. M. (1982). Biosynthetic incorporation of fatty acids with a fluorescent label into Escherichia coli. Mikrobiologiya, 51(4), 557–559.
Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A missing family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 085201. DOI: https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Yelianti, U., Muswita, M., & Sanjaya, M. E. (2018). Development of Electronic Learning Media Based 3D Pageflip on Subject Matter of Photosynthetis in Plant Physiology Course. Biodik, 4(2), 121–134. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v4i2.5858