Pengembangan Handout Biologi Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Biologi: Studi Literatur

  • Rosi Ramadhani Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yosi Laila Rahmi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rahmadhani Fitri Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Ganda Hijrah Selaras Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Keywords: Pengembangan; Handout; Kontekstual

Abstract

Penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan pemahaman, minat, serta motivasi pesera didik untuk belajar. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh guru membantu peserta didik dalam mencapai hasil belajar yang lebih baik, salah satunya  adalah pengembangan materi pendidikan seperti handout. Handout yang berdasarkan pendekatan kontekstual merupakan salah satu bahan ajar yang dapat mengaktifkan peserta didik memahami materi biologi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan handout valid yang berbasis pendekatan kontekstual pada materi biologi. Penelitian ini merupakan pengembangan dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari langkah-langkah mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan menyebarluaskan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis dari studi literatur. Hasil dari pengembangan ini adalah menghasilkan handout  berdasarkan kriteria sangat valid dan sangat praktis.

References

Amrullah, R. (2013). Penerapan Pembelajaran STM disertai Handout dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VII SMPN 12 Padang. Pro- gram Studi Pendidikan Biologi FKIP Uni-versitas Bung Hatta. Artikel Nonpublikasi.

Ardiansyah, R., Aloysius, D. C., & Rohman, F. (2016). Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar perubahan materi genetik pada matakuliah genetika di universitas negeri malang. In Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) (pp. 749-752).

Astuti, T. A., Nurhayati, Ristanto, R. H., & Rusdi. (2019). Pembelajaran berbasis masalah biologi pada aspek kognitif: Sebuah meta nalisis. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 67–74. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i2.482

Bahri, S. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) tipe inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 45-59.

Demircioğlu, H. (2005). Conceptual Change Achi- eved Through a New Teaching Program on Acids and Bases. Chemistry Education Rese- arch and Practice Journal. 6 (1), 36-51.

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikdasmenum.

Djamahar, R., Rahmah, S., Sartono, N., Ristanto, R. H., & Darmawan, E. (2023). Mind map-integrated digital flipbook of circulatory system (DFM-Circulatoria): Learning media development. AIP Conference Proceedings, 2595. https://doi.org/10.1063/5.0123618

Djamahar, R., Rifan, M., & Ristanto, R. H. (2021). Bio-repropedia website based on reading, mapping, and sharing (RMS): A way to improve biological literacy. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012067

Fadilah, I., Rusdi, R., & Ristanto, R. H. (2023). Development of hormone system teaching material for distance learning to improve students digital literacy. Jurnal Pijar Mipa, 18(3), 290–304. https://doi.org/10.29303/jpm.v18i3.4587

Fajarianingtyas, Dyah Ayu. Hidayat, Jefri Nur. (2015). Meningkatkan Pemahaman Konseptual Bioteknologi Melalui Handout Di Kampus Cemara Sumenep. Jurnal Lensa, 5 (2), 21-28.

Fitri, R. A. (2012). Pengaruh Penerapan Strategi Be-lajar Aktif Tipe Quiz Team yang diiringi de-ngan Pe mberian Handout terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XSMAN 5 Solok Selatan. Artikel Nonpublikasi.

Hera, R. (2018). Pengembangan Handout Pembelajaran Sistem Reproduksi pada Manusia Berbasis Kontekstual di Sman 1 Beutong Kabupaten Nagan Raya. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(2).

Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar mata kuliah pengantar profesi guru biologi di pendidikan biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Jurnal Pembelajaran Biologi, 7(2), 96–99.

Kasmawati. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA MAN 1 Makassar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Khairunnisa, H., Azrai, E. P., & Ristanto, R. H. (2022). The Correlation Between Critical Thinking Skills with Student Metacognitive Skills on Ecosystem Material. Journal of Biology Education, 5(2), 25. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe

Kristiani, E., Ristanto, R. H., & Lisanti, E. (2020). Exploring gender-based biological concepts: an analysis of bilingual secondary school students. Biosfer : Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v13n1.1-13

Lestari, P., Ristanto, R. H., & Miarsyah, M. (2019). Metacognitive and conceptual understanding of pteridophytes: development and validity testing of an integrated assessment tool. Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 15–24.

Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosda Karya: Bandung : Remaja Rosda Karya.

Mensi, E. H., & Setiawan, D. C. (2021). Pengembangan Handout Materi Ekosistem Berbasis Contekstual Learning. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(2), 109-114.

Mustofa, A., & Cintamulya, I. (2017). Pengembangan Handout Materi Biologi SMP Berbasis Pendekatan Konsep pada Sistem dalam Kehidupan Manusia. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 14,(1), 591-597.

Miarsyah, M., Ristanto, R. H., Nurhayati, Mufida, S. N., Suparini, & Zharroh, A. E. (2020). Development of adobe flash media integrated into HOTS on circulation system (AF-HOTS bicycle media). International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, 9(1), 896–903. https://doi.org/10.30534/ijatcse/2020/128912020

Noviyanti, E., Rusdi, R., & Ristanto, R. H. (2019). Guided discovery learning based on internet and self concept: enhancing student’s critical thinking in biology. Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 7–14. https://doi.org/10.31002/ijobe.v2i1.1196

Nofiyanti, Z., & Nurtjahyani, S. D. (2017). Pengembangan handout biologi berbentuk katalog disertai gambar berwarna pada materi sistem pernapasan. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 15(1), 388-393).

Novitaningrum, M. Parmin, & Pamelasari, D. (2014). Pengembangan Handout Ipa Terpadu Berbasis Inkuiri Pada Tema Mata Untuk Kelas IX Siswa MTS Al-Islam Sumurejo. Unnes Science Education Journal, 3 (2), 542-548.

Oktariyani., & Juwita, R. P. (2019). Analisis kebutuhan bahan ajar bahasa Inggris berbasis lokal learning pada siswa Sekolah Dasar. JIP, 11(2), 95-101.

Prastowo, Andi.(2011).Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inofatif.Jakarta : Diva Pres.

Rahmayani, F., Hindun, I., & Hudha, A. M. (2015). Pengembangan handout berbasis kontekstual pada pelajaran biologi materi bioteknologi untuk siswa kelas XII SMK Negeri 02 Batu. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(1).

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel – variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ristanto, R. H., Angelita, D., Awalia, R., Oetari, F., & Miarsyah, M. (2023). DIGESTIPEDIA-WEB: Learning media innovation to improve critical thinking skills. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(1), 50–69. https://doi.org/10.31932/jpbio.v8i1.2126

Ristanto, R. H., & Darmawan, E. (2020). Biology reading literacy: Measurement and empowerment through circ learning model. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(4), 1305–1318. https://doi.org/10.17478/JEGYS.679378

Ristanto, R. H., Djamahar, R., Heryanti, E., & Ichsan, I. Z. (2020). Enhancing students ’ biology-critical thinking skill through CIRC-Based scientific approach (Cirsa). Universal Journal of Educational Research, 8(4A), 1–8. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081801

Ristanto, R. H., Djamahar, R., Rifan, M., Sigit, D. V., Darmawan, E., & Prajoko, S. (2023). The bio-repropedia website and biological literacy: Developing of reproductive system learning media. AIP Conference Proceedings, 2595. https://doi.org/10.1063/5.0123616

Ristanto, R. H., Mahardika, R. D., & Rusdi. (2021). Digital flipbook immunopedia (DFI): A learning media to improve conceptual of immune system. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 012066. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012066

Ristanto, R. H., Miarsyah, M., Luthfi, I. A., Kristiani, E., & Hasanah, R. (2020a). Invertebrate-interactive dichotomous key media: Enhance students learning motivation in lower secondary school. International Journal of Information and Education Technology, 10(9), 669–673. https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.9.1441

Ristanto, R. H., Miarsyah, M., Luthfi, I. A., Kristiani, E., & Hasanah, R. (2020b). Invertebrate-interactive dichotomous key media: Enhance students learning motivation in lower secondary school. International Journal of Information and Education Technology, 10(9), 669–673. https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.9.1441

Ristanto, R. H., Miarsyah, M., Muharomah, D. R., Astuti, T. A., Aini, S., & Prihatin, A. I. (2020). Light-board: Simple media to learn photosynthesis concepts. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, 9(1), 299–303. https://doi.org/https://doi.org/10.30534/ijatcse/2020/45912020

Ristanto, R. H., Rusdi, R., Mahardika, R. D., Darmawan, E., & Ismirawati, N. (2020). Digital Flipbook Imunopedia (DFI): A Development in Immune system e-learning media. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 14(19), 140. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i19.16795

Rozalia, A., Kasrina, K., & Ansori, I. (2018). Pengembangan Handout Biologi Materi Keanekaragaman Hayati Untuk SMA Kelas X. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 44-51.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanaky, H. (2011). MediaPembelajaran “Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Setiawan, D. C., & Setiawan, D. (2019). Development of JINEMAM learning model. Jurnal Formatif, 9(4), 281-290.

Siahaan, S. Y., Wijarini, F., & Adhani, A. (2021). Pengembangan handout bermuatan pendidikan karakter berbasis kontekstual pada materi kingdom plantae di kelas X SMAK Frater DON BOSCO Tarakan. Borneo Journal Of Biology Education (BJBE), 3(1), 29-41.

Suhadi, A. P., Ristanto, R. H., Sigit, D. V., & Supriyatin, S. (2023). Assessment of biological literacy for high school students. Biosfer, 16(1), 25–36. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.24765

Supriyatin, Rahayu, S., Ristanto, R. H., & Ichsan, I. Z. (2019). Improving hots in biology learning: A supplement book of plant growth and development. Universal Journal of Educational Research, 7(12), 2642–2646. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071211

Suswina, M. (2016). Hasil validitas pengembangan bahan ajar bergambar disertai peta konsep untuk pembelajaran biologi SMA semester 1 kelas XI. Ta'dib, 14(1).

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta : Bumi Aksara.

Yuliana, I. F., Imron, A., & Ekwandari, Y. S. (2015). Model pembelajaran CTL terhadap motivasi belajar sejarah SMK Gajah Mada Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah, 3(3), 1-13.

Published
2023-07-29