Meningkatkan hasil belajar biologi melalui penerapan teknik jigsaw pada kelas xii ipa 4 sman 1 cikarang pusat

  • H Hajizah SMAN 1 Cikarang Pusat
Keywords: Aktivitas siswa; hasil belajar siswa; model pembelajaran kooperatif; teknik jigsaw

Abstract

Biologi merupakan mata pelajaran yang memiliki dimensi pengetahuan konsep dan metakonsep yang cukup besar proporsinya. Hal ini dapat menimbulkan opini bahwa untuk mempelajari Biologi harus banyak menghapal, padahal bagi sebagian siswa menghapal merupakan aktivitas yang membosankan. Kegiatan pembelajaran yang dikemas dengan baik dapat menggeser opini tersebut. Salah satunya adalah melalui model pembelajaran kooperatif. Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus berlangsung selama dua kali pertemuan, setiap pertemuan dua jam pelajaran. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, tindakan, pengamata dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Cikarang Pusat tahun pelajaran 2014/2015 semester ganjil. Berjumlah 40 orang siswa. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan siswa. Dari hasil analisis didapatkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Prasiklus sampai siklus II, yaitu Prasiklus (70) ,siklus I (74), dan siklus II (77). Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu pada Pra siklus (34%), siklus I (62%), dan siklus II (87%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Cikarang Pusat tahun pelajaran 2014/2015 semester ganjil. Selain itu aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar juga mengalami peningkatan.

Published
2018-07-06