Penggunaan metode pembelajaran mind mapping dan media cd interaktif sistem gerak manusia terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa smp

  • Arum Puri Suryandari
Keywords: Mind Mapping, CD Interaktif, Berpikir Kritis, Penguasaan Konsep.

Abstract

Metode dan media pembelajaran adalah alat pengajaran penting yang dapat digunakan untuk mendukung pencapaian siswa pada tujuan pembelajaran. Mind Mapping adalah salah satu metode yang telah digunakan dalam pembelajaran, demikian juga media CD Interaktif.  Penggunaan Metode Mind Mapping mempunyai kelebihan untuk membantu memudahkan mengingat banyak informasi demi tercapainya tujuan pembelajaran.  CD Interaktif merupakan media pembelajaran yang dapat mempermudah penyampaian materi dan membuat proses pembelajaran lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping dan Media CD Interaktif serta interaksi metode dan media pembelajaran terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem gerak manusia.  Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 23 Kota Tangerang tahun pelajaran 2014/2015.  Data dikumpulkan melalui uji instrumen penguasaan konsep sistem gerak manusia dan instrumen kemampuan berpikir kritis sistem gerak manusia. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Hipotesis penelitian diuji dengan uji statistika Analysis of Variance (Anova). Uji lanjut dengan menggunakan Uji Tuckey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Mind Mapping dan media pembelajaran CD Interaktif serta interaksi antara metode dan media pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan konsep sistem gerak manusia dan kemampuan berpikir kritis sistem gerak manusia pada siswa SMPN 23 Kota Tangerang dengan nilai signifikansi (p) < α = 0,05.

Published
2018-07-06