Peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan model pembelajaran sfae di kelas xi ipa sma ypi delitua t.p. 2015/2016

  • Suci Handayani Nasution
Keywords: Media Pembelajaran, Minat Belajar, Penguasaan Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining di kelas XI IPA1 SMA Yayasan Pendidikan Islam Delitua T.P. 2015/2016 pada materi sistem reproduksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari tiga siklus, subjek penelitian berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pilihan berganda serta lembar observasi pengamatan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran. Kegiatan perbaikan pembelajaran pada siklus I: pembelajaran menggunakan charta, siklus II: guru memberi kartu pertanyaan, siklus III: guru memberi kesempatan siswa bertanya dan siswa lain untuk menjawab pertanyaan yang diajukan siswa sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa  Pada siklus I persentase aktivitas visual, mendengarkan, oral dan diskusi 62,05% (tidak tuntas), siklus II meningkat menjadi 72,26% (tidak tuntas) dan meningkat di siklus III yaitu sebesar 91,79% (tuntas). Penelitian juga menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal, pada siklus I 45% (tidak tuntas), siklus II 70% (tidak tuntas), dilanjutkan ke siklus III diperoleh ketuntasan belajar klasikal 90% (tuntas). Hal ini menunjukkan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining di kelas XI IPA SMA Yayasan Pendidikan Islam Delitua dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I sampai ke siklus III.

Published
2018-07-06