Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap penguasaan konsep ilmu pengetahuan alam (eksperimenpada smp negeri di kecamatan duren sawit)
Keywords:
Media Pembelajaran, Minat Belajar, Penguasaan KonsepAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh media pembelajaran terhadap penguasaan konsep IPAsiswa SMPN di Kecamatan Duren Sawit, (2) Pengaruh minat belajar siswa terhadap penguasaan konsep IPAsiswa SMPN di Kecamatan Duren Sawit, (3) Pengaruh interaktif media pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap terhadap penguasaan konsep IPA siswa SMPN di Kecamatan Duren Sawit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel sebanyak 96 siswa yang berasal dari siswa kelas VII SMPN di Kecamatan Duren Sawit. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes tulis dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan ANOVA Dua Arah. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap penguasaan konsep IPA pada SMP Negeri di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur yang dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan F hitung = 73,352. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap penguasaan konsep IPA pada SMP Negeri di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur, yang dibuktikan dengan nilai Sig. 0,004 < 0,05 dan F hitung = 8,980. (3) Terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan media pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap penguasaan konsep IPA pada SMP Negeri di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur yang dibuktikan dengan nilai Sig. 0,476 > 0,05 dan F hitung = 0,512. Saran dari hasil penelitian ini adalah media pembelajaran Flip Book dapat digunakan guru untuk kegiatan pembelajaran sehari-hari sehingga dapat meningkatkan kompetensi guru.