Bimbingan Teknis Guru-Guru SLB Dalam Merancang Perangkat Pembelajaran Integrasi Lingkungan

Authors

  • Irah Kasirah Irah Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup / Pendidikan Khusus, Universitas Negeri Jakarta
  • Nadiroh Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta
  • Hafid Abbas Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/perduli.v1i01.17839

Keywords:

perangkat pembelajaran, integrasi lingkungan

Abstract

Masalah yang terdapat di lapangan yaitu kebingungan guru dalam memahami, merancang dan melaksanakan pembelajaran integrasi lingkungan. Guru kurang memperhatikan aspek lingkungan  dalam pembelajaran. Dikarenakan keterbatasan pemahaman guru tentang pembelajaran integrasi lingkungan sehingga dibutuhkan bimbingan teknis guru tentang model inovatif pembelajaran integrasi lingkungan.Program workshop ini diharapkan dapat membantu guru dalam memahami, merancang dan melaksanakan pembelajaran integrasi lingkungan. Lokasi kegiatan dilaksanakan di SLB N 7 Jakarta Timur. Metode kegiatan dilaksanakan melalui survey, diskusi dan workshop karena adanya pandemi diadakan melalui platform Whats App dan Zoom. Data yang dikumpulkan selama program ini menunjukkan bahwa tahapan-tahapan kegiatan mampu meningkatkan wawasan dan pengetahuan baru tentang model inovatif pembelajaran integrasi lingkungan. Luaran dalam kegiatan berupa perangkat pembelajaran pembelajaran integrasi lingkungan. Implikasi hasil kegiatan ini diharapkan bahwa dengan program ini dapat dijadikan sebagai cara untuk menambah pengetahuan guru tentang model inovatif pembelajaran integrasi lingkungan.

References

10.21009/perduli.v1i01.17839

Downloads

Published

2020-11-02

How to Cite

Irah, I. K., Nadiroh, & Hafid Abbas. (2020). Bimbingan Teknis Guru-Guru SLB Dalam Merancang Perangkat Pembelajaran Integrasi Lingkungan. PERDULI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 28–31. https://doi.org/10.21009/perduli.v1i01.17839