Pengembangan kegiatan motorik halus anak usia 4-6 tahun di rumah pada masa pandemi covid 19 di tkk kspa dki jakarta

Authors

  • Sri Indah Pujiastuti Universitas Negeri Jakarta
  • Meri Anggiani Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/perduli.v2i2.27797

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu orangtua dalam membelajarkan anak-anak di rumah khususnya pengembangan kegiatan motorik halus anak usia 4-6 tahun. Pengembangan kegiatan motorik halus sangat penting karena anak-anak harus mencapai tugas-tugas perkembangan motorik pada usia tersebut seperti menggunting, memegang pensil, menggambar, menulis nama dan angka, berpakaian, menyikat gigi dan menyisir rambut. Metode pengabdian yang digunakan adalah penyuluhan orangtua dan pembelajaran online seminggu sekali selama 3,5 jam dengan sample 3 lokasi TK di Kebon Baru, Rawamangun dan Kampung Bandan sebanyak 56 anak selama masa pandemic Agustus sd Desember 2020. Hasil pengabdian adalah orangtua mampu melatih motorik halus anak usia TK dengan berbagai kegiatan seperti menggambar, memegang pensil, menulis nama dan angka, berpakaian, menyikat gigi dan menyisir rambut. Selain itu, kemampuan motorik halus anak meningkat. Kesimpulan pengabdian adalah kegiatan penyuluhan dan pengembangan kegiatan ini sangat efektif dan efisien dalam meningkatkan keterampilan orangtua dan anak dalam pengembangan motorik halus anak.

Downloads

Published

2022-07-05

How to Cite

Indah Pujiastuti, S. ., & Anggiani, M. . (2022). Pengembangan kegiatan motorik halus anak usia 4-6 tahun di rumah pada masa pandemi covid 19 di tkk kspa dki jakarta. PERDULI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 57–66. https://doi.org/10.21009/perduli.v2i2.27797