Pelatihan penyusunan soal interaktif menggunakan wondershare quiz creator pada proses pembelajaran daring bagi guru-guru smp di wilayah kecamatan tarumajaya bekasi

Authors

  • Afrizal Afrizal Program Studi Magister Pendidikan Kimia
  • Irwan Syahputra Program Studi Kimia, Universitas Negeri Jakarta
  • Irwanto Irwanto Program Studi Magister Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/perduli.v3i01.28057

Keywords:

soal interaktif, wondershare quiz creator, pembelajaran daring, guru-guru SMP

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) ini dilaksanakan untuk guru-guru IPA di Wilayah Kacamatan Tarumajaya Bekasi. Adapun capaian yang diharapkan setelah mengikuti pelatihan adalah terjadinya peningkatan kualitas penilaian guru-guru IPA dalam mengonstruksi soal-soal interaktif menggunakan program Wondershare Quiz Creator. Program pelatihan dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu pendahuluan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Pada tahap pendahuluan, dilakukan analisis kebutuhan   berupa   pengumpulan   data   mengenai   perlunya   mengonstruksi   alat penilaian   interaktif   selama   pandemi   COVD-19   bagi   guru-guru   di   Wilayah Kecamatan Tarumajaya Bekasi. Tahap kedua, tahap Pelaksanaan, dimana program pelatihan yang ditawarkan berupa online training menggunakan metode ceramah, tanya jawab, simulasi, penugasan, dan pengamatan terhadap keterampilan peserta pelatihan. Pada tahap ketiga atau disebut tahap evaluasi. Evaluasi program pelatihan dilakukan secara menyeluruh terhadap unsur materi, pelatih, dan peserta pelatihan. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 20 guru. Secara umum hasil pengamatan dan evaluasi dari peserta, kegiatan ini mendapat respon yang positif dari peserta

References

Iqbal, W. H., Fadhilah, R., & Hadiarti, D. (2018). Pengembangan alat evaluasi berbasis wondershare quiz creator pada materi koloid kelas XI di SMA Koperasi Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1), 11-19.
Khaldun, I., Hanum, L., & Utami, S. D. (2019). Pengembangan soal kimia higher order thinking skills berbasis komputer dengan wondershare quiz creator materi hidrolisis garam dan larutan penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 132-142.
Sumantri, M. S., & Iyasha, V. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Kartun Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Siswa MI. Jurnal PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(01), 11-17.
Sumantri, M. S., & Putri, A. S. D. (2021). Pemanfaatan komik digital pada pembelajaran ipa di kelas tinggi sekolah dasar. Jurnal PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 67-73.
Muchlisin, M. (2015). Implementing drilling technique by using wondershare quiz creator to improve students’ reading ability. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(1), 34-40.
Rodliyah, I, & Saraswati, S. (2020). The development of IT-based learning evaluation media using wondershare quiz creator on the statistics course. Journal of Physics: Conference Series 1657, 012043. doi:10.1088/1742- 6596/1657/1/012043
Sa’adah, S. I., Rasmiwetti, & Linda, R. (2019). Pengembangan soal HOTS dengan wondershare quiz creator sebagai media display pada materi stoikiometri kelas X. Jurnal Tadris Kimiya, 4(2), 177-188.
Usman, H., Anwar, M., Zakiah, L., & Laratmase, A. J. (2021). Pelatihan Multimedia Interaktif Berbasis TPACK bagi Guru-Guru Sekolah Dasar di Kecamtan Klapa Nunggal Kabupaten Bogor Jawa Barat. Jurnal PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(01), 1-11.

Downloads

Published

2022-08-24

How to Cite

Afrizal, A., Syahputra, I. ., & Irwanto, I. (2022). Pelatihan penyusunan soal interaktif menggunakan wondershare quiz creator pada proses pembelajaran daring bagi guru-guru smp di wilayah kecamatan tarumajaya bekasi. PERDULI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), 1–8. https://doi.org/10.21009/perduli.v3i01.28057