Workshop project based learning bagi pendidik paud di desa bobojong, kecamatan mande, kabupaten cianjur, jawa barat

Authors

  • Nurbiana Dhieni
  • Sri Wulan
  • Miftahulkhairah Anwar Universitas Negeri Jakarta
  • Haula Millati Azka Universitas Negeri Jakarta
  • Dewi Sartika

DOI:

https://doi.org/10.21009/perduli.v4i01.29792

Abstract

Kegiatan workshop yang dilaksanakan di Desa Bobojong bertujuan untuk memberikan edukasi kepada guru-guru pendidik anak usia dini mengenai pembelajaran project based learning, dengan harapan guru mampu memberikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak. Untuk menentukan pembelajaran yang memenuhi kebutuhan anak guru harus memiliki metode yang bervariasi sehingga anak menikmati proses pembelajaran dengan antusias dan menyenangkan. Disamping hal tersebut masa transisi dari pandemi hingga andemi ini menjadi tantangan bagi pendidik untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang normal. Metode yang digunakan dalam kegiatan workshop ini secara luring. Pendidik mendapatkan materi secara menyeluruh tentang Project Based Learning dan dilengkapi dengan praktek. Hasil kegiatan ini berupa pemahaman para pendidik dalam merancang Project Based Learning dan mengimplementasikannya dengan sesuai. Pembinaan program studi magister paud untuk membina lembaga paud yang membutuhkan pengembangan lebih lanjut yaitu program kegiatan pendampingan.

References

Cline, K. D., Gilb, M., & Vaught, M. (2019). Honoring Children’s Ways of Knowing: A Story
of Trust and Transformation in a Kindergarten Classroom. 12, 77-90.
https://doi.org/10.36510/learnland.v12i1.980
Fridani, L., Gandasari, N., & Widiastuti, W. (2019). Early childhood teacher voices for
excellence in teaching practice. Early Childhood Education in the 21st Century.
Proceedings of the 4th International Conference on Early Childhood Education
(ICECE 2018), November 7, 2018, Bandung. Publisher Routledge.
Harris, H. (2018). Parental Choice and Perceived Benefits of Reggio Emilia Inspired
Programs. Walden University.
Mitchiner, J., Batamula, C., Kite, B. J., Mitchiner, J., Batamula, C., & Kite, B. J. (2018).
Hundred Languages of Deaf Children: Exploring the Reggio Emilia Approach in
Deaf Education HundredLanguages of Deaf Children: Exploring the Reggio Emilia
Approach in Deaf Education. 163(3), 294-327.
https://doi.org/10.1353/aad.2018.0021
Nasution, R. H., Hapidin, H., & Fridani, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran ICT Dan Minat
belajar terhadap kesiapan membaca Anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 733. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Dhieni, N., Sri Wulan, Anwar, M., Azka, H. M., & Dewi Sartika. (2023). Workshop project based learning bagi pendidik paud di desa bobojong, kecamatan mande, kabupaten cianjur, jawa barat. PERDULI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(01), 19–27. https://doi.org/10.21009/perduli.v4i01.29792