Pengembangan kegiatan stimulasi keterampilan sosial anak usia dini bagi guru paud wilayah jakarta timur
DOI:
https://doi.org/10.21009/perduli.v3i01.29800Keywords:
Keterampilan sosial, Guru PAUD, Kegiatan SimulasiAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu guru dalam merancang kegiatan stimulasi untuk anak usia dini khususnya dalam stimulasi keterampilan sosial. Anak usia dini perlu diberikan stimulasi keterampilan sosial agar dapat berinteraksi dengan baik di lingkungannya. Keterampilan sosial yang dapat distimulasi pada anak usia dini antara lain, 1) Bermain dengan semua teman, 2) Berbagi dan Menolong, 3) Bekerjasama, 4) Memecahkan Masalah, 5) Memahami Aturan, dan 6) Mengekspresikan perasaannya. Metode pengabdian yang digunakan adalah pelatihan bagi guru PAUD di Wilayah Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur sebanyak 35 orang yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2019. Hasil pengabdian adalah guru PAUD memiliki pemahaman tentang materi keterampilan sosial, mampu mengembangkan program kegiatan stimulasi, mengembangkan media untuk stimulasi keterampilan sosial, dan melakukan praktek stimulasi keterampilan sosial. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berjalan efektif dan memberikan manfaaat bagi guru PAUD dalam merancang kegiatan dan mengembangkan media untuk stimulasi keterampilan sosial anak usia dini.
References
Baird, K., & Grace, R. (2019). Young children’s perspectives on their social interactions within early childhood settings. Early Child Development and Care, 0(0), 1–15. https://doi.org/10.1080/03004430.2019.1670655
Daubert, E. N., Ramani, G. B., & Rubin, K. H. (2018). Play-Based Learning and Social Development. January, 1–5.
Dogan Altun, Z. (2018). Early Childhood Pre-Service Teachers’ Perspectives on Play and Teachers’ Role. International Education Studies, 11(8), 91. https://doi.org/10.5539/ies.v11n8p91
Farida, N., & Rasyid, H. (2019). The Effectiveness of Project-based Learning Approach to Social Development of Early Childhood. 296(Icsie 2018), 369–372. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.67
Kiliç, K. M., & Güngör Aytar, F. A. (2017). The effect of social skills training on social skills in early childhood, the relationship between social skills and temperament. Egitim ve Bilim, 42(191), 185–204. https://doi.org/10.15390/EB.2017.7162
Murcia, K., Campbell, C., & Aranda, G. (2018). Trends in Early Childhood Education Practice and Professional Learning with Digital Technologies. Pedagogika, 68(3). https://doi.org/10.14712/23362189.2018.858
Nurani, Y., & Pratiwi, N. (2020). Curriculum Design of Early Childhood Life Skill Based on Indonesian Local Culture. 422(Icope 2019), 333–337. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.145
Nurani, Y., Hartati, S., & Pratiwi, N. (2020). Teaching Skill Based on Effective Communication. 3, 206–210. https://doi.org/10.32698/hum0218
Siti Zubaidah. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17. https://doi.org/10.1021/acs.langmuir.6b02842
Saepudin, E., Agustini Damayani, N., & Sukaesih, -. (2017). Literasi Media Bagi Guru Paud Di Kecamatan Cicalengka. Dharmakarya, 5(1), 38–43. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v5i1.9892
Sulastri, Y. L., Rahma, A., & Hakim, L. L. (2017). IbM Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Ramah Anak Bagi Guru Paud di Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 84. https://doi.org/10.30999/jpkm.v7i2.177
Tonetto, L. M., Pereira, A. S., Koller, S. H., Bressane, K., & Pierozan, D. (2020). Designing Toys and Play Activities for the Development of Social Skills in Childhood. Design Journal, 23(2), 199–217. https://doi.org/10.1080/14606925.2020.1717026
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.