Pengembangan literasi keuangan digital melalui program praktisi mengajar
DOI:
https://doi.org/10.21009/perduli.v3i02.29886Keywords:
Literasi keuangan digital, pelatihan, praktisi mengajarAbstract
Saat ini literasi keuangan digital menjadi sorotan yang cukup besar. Terjadinya penipuan dan penyalahgunaan data mengakibatkan hilangnya kepercayaan dari masyarkat termasuk akademisi. Program pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai literasi digital melalui program praktisi mengajar yang difasilitasi oleh tim pengabdi. Target dan sasaran pengabdian ini adalah mahasiswa yang beraasal dari kampus mitra diwilayah jawa barat. Metode pengabdian ini dilakukan melalui zoom meeting dengan pemateri dari praktisi yang berasal dari otoritas jasa keuangan. Setelah itu dilakukan evaluasi diri dengan perangkat google form. Hasil pengabdian ini menunjukan bahwa mayoritas mahasiswa lebih memahmi mengenai literasi digital. Selain itu, materi yang dijelaskan sangat relevan dengan kondisi mahsaiswa saat ini. Sehingga materi tersebut dapat di pahami dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
References
Aisyah, S., & Afrizal, A. (2022). Research Trends in Mobile Learning: A Systematic Literature Review From 2011-2021. International Journal of Educational Technology and Instruction (IJETI), 1(1), 49–61.
Anwar, R. N., Sabrina, S., & Cahyani, A. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Software Mendeley Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6.
Gurendrawati, E., Sasmi, A. A., Ulupui, I. G. K. A., Murdayanti, Y., Anwar, C., & Wahyuningsih, I. T. (2022). The DeLone and McLean Model on User Satisfaction of Academic Service Systems. The DeLone and McLean Model on User Satisfaction of Academic Service Systems, 10(1), 87–99. https://doi.org/10.21009/JPEB.010.1.8
Hasan, A. (2020). Capacity Building: Literasi Digital Dan Peluang Pemanfaatan Dalam Ekonomi Rumah Tangga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.34128/mediteg.v5i1.55
Khaerunnisa, H., Pratama, A., Musyaffi, A. M., Wolor, C. W., Respati, D. K., Fadillah, N., & Zahra, S. F. (2022). Konsep dan tips dalam menulis karya ilmiah. Pascal Books.
Muna, A., Wahyuni, A. S., & Musyaffi, A. M. (2022). Financial Literacy of Students: University Case Studies in Indonesia. AKUNSIKA: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.31963/akunsika.v3i1.3417
Musyaffi, A. M. (2020). Perspektif Kritis Kesuksesan Implementasi Cloud Accounting Bagi Calon Akuntan: Kajian Model UTAUT & IS Succes Model. Substansi: Sumber Artikel Akuntansi Auditing Dan Keuangan Vokasi, 4(1), 17–38. https://doi.org/10.35837/SUBS.V4I1.810
Musyaffi, A. M. (2022). Learning Management System Sustainability for Accounting Student: The Existence of Self-Efficacy. Quality - Access to Success, 23(188), 224–230. https://doi.org/10.47750/QAS/23.188.26
Musyaffi, A. M., Khaerunnisa, H., & Respati, D. K. (2022). Konsep Dasar Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) Menggunakan SmartPLS. Pascal Books.
Musyaffi, A. M., Rosnidah, I., & Muna, A. (2021). Cloud-based learning management: An effective learning during social distancing. Journal of Educational and Social Research, 11(5), 173–181. https://doi.org/10.36941/JESR-2021-0115
Musyaffi, A. M., Zahra, S. F., Yusuf, M., & Rachmadania, R. F. (2021). RESEARCH BOOTCAMP: PENINGKATAN KUALITAS DASAR RISET. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), Article 6. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.4867
ngibad, khoirul. (2020). Pelatihan Mendeley secara Online bagi Mahasiswa FIKES UMAHA di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara, 2(1), 110–116.
Pinilih, M. (2021). Pelatihan Penggunaan mendeley Bagi Mahasiswa Guna Mengelola Referensi Ilmiah. Dinamika Journal: Pengabdian Masyarakat, 3(1).
Rahmawati, C., Meliyana, M., Yuliana, Y., & Zain, H. (2018). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 30–36.
Rosnidah, I., Muna, A., Musyaffi, A. M., & Fariani, N. (2021). Improving accountability of village funds through village financial management based on government accounting standards. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.12928/jp.v5i1.1957
Rosnidah, I., Muna, A., Musyaffi, A. M., & Siregar, N. F. (2019). Critical Factor of Mobile Payment Acceptance in Millenial Generation: Study on the UTAUT model. International Symposium on Social Sciences, Education, and Humanities (ISSEH 2018), 123–127.
Sa'ban, L. A., Sadat, A., & Nazar, A. (2021). Jurnal PKM Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Dalam Perbaikan Sanitasi Lingkungan. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1).
Setyorini, S. (2022). Bibliometric Analysis of Research in Digital Literacy using Google Scholar Database from 2017-2021. International Journal of Educational Technology and Instruction (IJETI), 1(1), 62–70.
Sumantri, M. S., & Putri, A. S. D. (2021). Pemanfaatan komik digital pada pembelajaran ipa di kelas tinggi sekolah dasar. PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 67-73.
Widiastuti, N. L. (2022). A Systematic Literature Review of Mobile Learning Applications in Environmental Education from 2011-2021. International Journal of Educational Technology and Instruction (IJETI), 1(1), 89–98.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.