Pelatihan kecakapan digital guru untuk membangun kreatifitas dalam pembelajaran pada guru sd di kecamatan pulo gadung

Authors

  • Rugaiyah Rugaiyah
  • Desi Rahmawati UNJ
  • Cecep Kustandi
  • Siti Nabila
  • Rahmah Novianti

DOI:

https://doi.org/10.21009/perduli.v3i02.30319

Abstract

Perkembangan di era digital yang begitu pesat menuntut kemampuan digital yang juga memadai. Pada bidang pendidikan, kemampuan digital diperlukan untuk mengubah sistem pembelajaran konvensional dengan sistem pembelajaran yang lebih efektif dan efisien dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam membantu untuk mengubah sistem pembelajaran, oleh karena itu guru dituntut untuk memiliki kemampuan literasi digital yang memadai. Salah satu upaya yang dilakukan dosen-dosen prodi manajemen pendidikan yakni melalui kegiatan pelatihan berupa pengenalan dan pemanfaatan web literasi digital, web pembuat video, serta pendampingan dan terakhir yaitu evaluasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup tiga langkah yaitu sosialisasi, pelatihan, dan focus group discussion (FGD). Adapun pihak-pihak yang terkait yang pertama yaitu Kepala suku dinas pendidikan jakarta timur sebagai mitra yang memberikan kewenangan dan perizinan kegiatan. Kedua, Pengawas dan kepala sekolah yang memiliki tugas dan fungsi sebagai pembina para guru di wilayah binaannya. Ketiga, guru-guru di kecamatan Pulo Gadung dan Duren Sawit Kota Jakarta Timur. Dengan adanya pelatihan ini, peserta memperoleh pengetahuan dan kemampuan baru tentang kecakapan digital, ditunjukkan dengan peserta mampu mempraktekan tahap-tahap dalam memanfaatkan web literasi digital dan web pembuat video. Kemudian peserta juga mendapatkan pendampingan pasca pelatihan secara intensif melalui grup whatsapp dan berdasarkan hasil evaluasi para peserta menyatakan bahwa web literasi digital dan web pembuat video ini penting dan relevan terutama pada masa perkembangan teknologi saat ini dan juga ditengah masa pandemi Covid-19.

 

References

Afandi, Junanto, T., & Afriani, R. (2016). Implementasi Digital-Age Literacy Dalam Pendidikan Abad 21 Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains.
Hobss, R., & Jensen, A. (2010). The past, present, and future of media literacy education. Journal of Media Literacy Education, 1.
Naila, I., Ridlwan, M., & Amirul Haq, M. (2021). Literasi Digital Bagi Guru Dan Siswa Sekolah Dasar: Analisis Konten Dalam Pembelajaran. Urnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2).
Singgih Kuncoro, K., Sukiyanto, Irfan, M., Fitri Amalia, A., Pusporini, W., Wijayanti, A., & Adi Widodo, S. (2022). Peningkatan Literasi Digital Guru Guna Mengatasi Permasalahan Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19. Abdi Wiralodra Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).
Sujendra Diputra, K., Desia Tristiantari2, N. K., & Laba Jayanta, N. (2020). Gerakan Literasi Digital Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. Journal of Character Education Society, 3(1).
UNESCO. (2014). Roadmap For Implementing The Global Action Programme On Education For Sustainable Development.
Wahyuni, D. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru menuju Era Revolusi Industri 4.0. Info Singkat, 10(24).

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Rugaiyah, R., Rahmawati, D., Kustandi, C., Nabila, S., & Novianti, R. (2022). Pelatihan kecakapan digital guru untuk membangun kreatifitas dalam pembelajaran pada guru sd di kecamatan pulo gadung . PERDULI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 67–74. https://doi.org/10.21009/perduli.v3i02.30319