Analisis kemampuan pemahaman guru sekolah dasar dalam mengembangkan butir soal berbasis literasi numerik

Authors

  • Wardani Rahayu Universitas Negeri Jakarta
  • Erwin Sulaeman Universitas Negeri Jakarta
  • Besse Arnawisuda Ningsi Universitas Negeri Jakarta
  • Irvana Arofah
  • Wahyu Akbari Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/perduli.v4i01.30490

Keywords:

kemapuan pemahaman, guru sekolah dasar, literasi numerik

Abstract

Hasil Survey TIMMS menunjukkan rata-rata skor prestasi Matematika siswa Indonesia masih rendah. Capaian ini menunjukkan rata-rata siswa Indonesia hanya mampu mengenali sejumlah fakta dasar tetapi belum mampu mengkomunikasikan, mengaitkan berbagai topik, apalagi menerapkan konsep-konsep yang kompleks dan abstrak. Oleh karenanya guru perlu menyiapkan soal-soal berbasis literasi numerik yang terintegarsi dalam pembelajaran. Kemampuan pengembangan butir soal literasi numerik merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh guru di tingkat sekolah dasar. Tujuan dari penulisan artikel ini untuk menganalisis kemampuan pemahaman guru sekolah dasar dalam mengembangkan butir soal berbasis literasi numerik. Penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan data dari kegiatan pelatihan dalam rangka pelaksanaan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) untuk guru SD di Desa Bobojong Kecamatan Mande Cianjur Jawa Barat. Peserta pelatihan sebanyak 23 orang guru. Kemampuan pemahaman materi pelatihan dilakukan melalui self assesment dan instrumen evaluasi. Hasil self-assessment dari peserta pelatihan menunjukkan ada peningkatan kemampuan peserta pelatihan dalam menyusun butir soal literasi numerik dengan menggunakan masalah nyata, dan problem solving setelah pemberian materi dan praktik penulisan butir soal.

References

Ariyanti, Kesbi, F. G., Tari, A. R., Siagian, G., Jamilatun, S., Barroso, F. G., Sánchez-Muros, M. J., Rincón, M. Á., Rodriguez-Rodriguez, M., Fabrikov, D., Morote, E., Guil-Guerrero, J. L., Henry, M., Gasco, L., Piccolo, G., Fountoulaki, E., Omasaki, S. K., Janssen, K., Besson, M., … A.F. Falah, M. (2021). No Titleการวิจัยเบื้องต้น. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 4(1), 1–2. http://www.ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/10544%0Ahttps://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=tawuran+antar+pelajar&btnG=%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jfca.2019.103237
Aryan, R., Utami, S., Widodo, J. S., Siagian, T. H., & Ragamustari, S. K. (2021). Numerical Literacy Among Senior High School Students at Alumni Course Institution in Jakarta Branch : Critical Literacy in Numeral Data Interpretation. 593(Inusharts 2020), 247–253.
Craig, J., & Guzmán, L. (2018). Six Propositions of a Social Theory of Numeracy: Interpreting an Influential Theory of Literacy. Numeracy, 11(2). https://doi.org/10.5038/1936-4660.11.2.2
Faizah, M., & Ridwan, A. (2022). Improving Madrasah Students’ Numerical Literacy Using Drawing Strategy on Story Questions. Proceedings of the International Conference on Madrasah Reform 2021 (ICMR 2021), 633(Icmr 2021), 31–36. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220104.006
Fathani, A. H. (2016). Rahmah Johar. “Domain Soal PISA untuk Literasi matematikaa”. Jurnal Peluang , Volume 1, Nomor 1, Oktober 2012. 136. Jurnal EduSains, 4(2), 136–150.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.
Hill, W. T., & Brase, G. L. (2012). When and for whom do frequencies facilitate performance? On the role of numerical literacy. Quarterly Journal of Experimental Psychology, 65(12), 2343–2368. https://doi.org/10.1080/17470218.2012.687004
Hong, S. Y., Torquati, J., & Molfese, V. J. (2013). Theory guided professional development in early childhood science education. Advances in Early Education and Day Care, 17(March 2014), 1–32. https://doi.org/10.1108/S0270-4021(2013)0000017005
Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, 1, 140–144.
Midgett, C. W., & Eddins, S. K. (2001). NCTM’s Principles and Standards for School Mathematics: Implications for Administrators. NASSP Bulletin, 85(623), 35–42. https://doi.org/10.1177/019263650108562305
OCED. (2019). PISA Result.
OECD. (2012). Literacy, Numeracy and Problem Solving in Technology-Rich Environments: Framework for the OECD Survey of Adult Skills. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264128859-en
OECD. (2019). What Students Know and Can Do: Indonesia. Oecd, 1–10. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-iii_bd69f805-en%0Ahttps://www.oecd-ilibrary.org//sites/bd69f805-en/index.html?itemId=/content/component/bd69f805-en#fig86
OECD. (2020). PISA 2018 Global competences. In The Ministry of Education: Vol. I.
Rakhmawati, Y., & Mustadi, A. (2021). Examining the Necessity of Reflective Module: Literacy Numeracy Skill of Students Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 597–609. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.534
Simorangkir, F. M. A., & HS, D. W. S. (2021). Literasi Numerik Di Sd Swasta Pkmi Efesus Aek Batu. Js (Jurnal Sekolah), 5(4), 32–37. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/article/view/28198
Tout, D., Coben, D., Geiger, V., Ginsburg, L., & Hoogland, K. (2017). Review of the PIAAC Numeracy Assessment Framework: Final Report. Australian Council for Educational Research.
Yurdakul, B., Basokcu, T. O., & Yazıcılar, Ü. (2020). Evaluation of the Professional Development Program for Secondary Math Teachers on Item Writing Related to Higher Order Thinking Skills. 9(1), 83–106.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Rahayu, W., Sulaeman, E. ., Arnawisuda Ningsi, B. ., Arofah, I. ., & Akbari, W. . (2023). Analisis kemampuan pemahaman guru sekolah dasar dalam mengembangkan butir soal berbasis literasi numerik. PERDULI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(01), 10–18. https://doi.org/10.21009/perduli.v4i01.30490