PELATIHAN PEMBUATAN SABUN BATANG AMPAS KOPI BAGI WARGA SEKOLAH DI LINGKUNGAN MGMP KIMIA JAKARTA TIMUR 2

  • Elma Suryani Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Sabun, Ampas kopi, Sains Terapan

Abstract

Kegiatan Pelatihan Pembuatan Sabun Batang Ampas Kopi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru dalam menjalankan profesinya sehingga berdampak baik pada kegiatan pembelajaran di sekolah. Disamping itu guru-guru diharapkan juga mampu untuk mengembangkan keterampilannya dibidang sains yang nantinya dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Ampas kopi memiliki kandungan-kandungan yang baik untuk kulit seperti zat antioksidan yang cukup tinggi diantaranya flavonoid dan polifenol. Pengetahuan mengenai cara pembuatan sabun batang ampas kopi, sangat bisa mendatangkan keuntungan baik dari segi peluang usaha maupun menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan pembuatan sabun batang dengan memanfaatkan ampas kopi.  Pelatihan ini diikuti oleh 44 orang guru kimia yang tergabung dalam MGMP Kimia Jakarta Timur 2 dan terdiri dari beberapa kegiatan, yaitu edukasi terkait fungsi dari bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan sabun serta kategori kualitas sabun yang baik, praktek pembuatan sabun dengan metode cold process, diskusi interaktif tentang proses pembuatan sabun beserta cara penerapan praktikum di sekolah, dan diakhiri dengan pengisisan lembar evaluasi oleh peserta. Berdasarkan hasil lembar evaluasi, sebanyak 92,61% merasa puas dengan penyampaian materi, 94,32% menyatakan memperoleh wawasan dan pengetahuan baru, 86,93% menyatakan materi yang disajikan dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia di sekolah, dan 88,07% menyatakan materi yang diajarkan memunculkan ide baru untuk melaksanakan pembelajaran interaktif di kelas. Peserta juga berharap pengabdian ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya bahkan rata-rata menyatakan 5 kali dalam setahun.

References

Badan Standardisasi Nasional (BSN). 2016. Sabun Mandi Padat, SNI 3532:2016. Jakarta.
Limantara, Johanna. Penggunaan Ampas Kopi Sebagai Material Alternatif pada Produk Interior.JURNAL INTRA Vol. 7 No. 2, (2019) 846-849
Ostrikov, A. N., Zheltoukhova, E. Y. U., Kopylov, M. V, Bolgova, I. N., & Lobacheva, N. N. (2021). Development of toilet soap production technology for therapeutic and prophylactic purposes. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 640(4), 42010. IOP Publishing.
Pradhan, D., Biswasroy, P., Naik, P. K., Ghosh, G., & Rath, G. (2020). A review of current interventions for COVID-19 prevention. Archives of Medical Research, 51(5), 363–374.
Published
2023-11-01
How to Cite
Suryani, E. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN SABUN BATANG AMPAS KOPI BAGI WARGA SEKOLAH DI LINGKUNGAN MGMP KIMIA JAKARTA TIMUR 2. PERDULI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.21009/perduli.v5i2.37812