Upaya Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Pendampingan Administrasi Sekolah Pertama (SMP) Bahagia di Yayasan Pendidikan Bahagia Kecamatan Pulo Gadung Kota Jakarta Timur
DOI:
https://doi.org/10.21009/perduli.v5i1.38210Keywords:
kepala sekolah, administrasi sekolah, mutu sekolahAbstract
Sekolah sebagai salah satu bentuk organisasi pada bidang pendidikan tidak luput dari perlunya melakukan administrasi sekolah. Dalam pelaksanaannya kegiatan administrasi sekolah khususnya pada sekolah swasta sampai saat ini masih dilakukan oleh kepala sekolah yang dibantu dengan staf adminstrasi sekolah yang ditunjuk. Padahal mereka secara resmi tidak dibekali oleh ilmu tentang administrasi sekolah atau perkantoran. Nampaknya, salah satu upaya yang diduga paling tepat adalah berfokus pada unsur para Kepala Sekolah sebagai pelaksana kegiatan administrasi sekolah yang tentunya tanpa mengabaikan unsur-unsur yang lainnya. Kemungkinan yang terjadi jika mereka tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup tentang kegiatan administrasi ini dan tidak adanya tenaga khusus yang menangani kegiatan sekolah seperti pegawai administrasi, maka para kepala sekolah kemungkinan besar akan mengalami banyak kesulitan dalam menangani segala bentuk admistrasi sekolah pada semua bidang seperti surat menyurat yang diperlukan dan kearsipan sekolah. Melalui upaya peningkatan kemampuan dalam melaksanakan kegiatan administrasi sekolah kepada para Kepala Sekolah dan Tenaga Administrasi Sekolah, diharapkan mereka dapat menerapkan dan memberi pengetahuan dan keterampilan tentang pelaksanaan kegiatan administrasi sekolah khususnya dalam korespondensi dan kearsipan sekolah pada para Tenaga Administrasi Sekolah di sekolahnya masing-masing. Dengan dilakukannya administrasi sekolah yang baik maka diharapkan mutu sekolah akan terealisasi. Upaya peningkatan kemampuan Kepala Sekolah dan Tenaga Administrasi Sekolah dalam melaksanakan kegiatan administrasi sekolah dapat dilakukan dengan berbagai jenis upaya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah diberikan pendampingan tentang kemampuan melakukan penyelenggaraan administrasi sekolah secara sistematis, yaitu melatih keterampilan korespondensi dan kearsipan yang berisi semua data-data dari setiap komponen sekolah. Bentuk kegiatan adalah pendampingan berupa workshop yang dirancang selama dua hari.
References
Handy, M. R. N., Sari, D. N., Syaharuddin, S., Putra, M. A. H., & Putro, H. P. N. (2022). PENGUATAN NILAI NASIONALISME DALAM SEJARAH PERJUANGAN ALRI DIVISI IV KALIMANTAN SELATAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 8(1), Art. 1. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v8i1.14803
Jumriani, Muhaimin, M., Abbas, E. W., Mutiani, & Rusmaniah. (2022). Effort Management Tourism Objective Through The Existence of Social Groups in The Community. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship (IJBE), 8(3), Art. 3. https://doi.org/10.17358/ijbe.8.3.407
Mardhiyah, B., Abbas, E. W., Mutiani, M., Syaharuddin, S., & Subiyakto, B. (2022). Traditional Fishing Tools for Banjar People. The Kalimantan Social Studies Journal, 4(1), Art. 1. https://doi.org/10.20527/kss.v4i1.4906
Mi’rajiatinnor, D., Abbas, E. W., Rusmaniah, R., Mutiani, M., & Jumriani, J. (2022). Factors Encouraging Entrepreneurship for Students of the Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University. The Kalimantan Social Studies Journal, 4(1), Art.1. https://doi.org/10.20527/kss.v4i1.5297
Nugroho, D. A. (2022). PARTISIPASI PERAJIN DALAM PENGEMBANGAN SENI KERAJINAN ANYAMAN DI KAMPUNG PURUN BERBASIS KEARIFAN LOKAL. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 8(1).
Oktavia, R. (2019). Kurangnya Mutu Pendidikan di Indonesia. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/tca85
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468.
Putra, M. A. H., Handy, M. R. N., Subiyakto, B., Rusmaniah, R., & Norhayati, N. (2022). Identifikasi Nilai Budaya Masyarakat Sungai Jelai Basirih Selatan Sebagai Sumber Belajar IPS. PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 2(2)
Siagian, S. P. (1977). Sistem Informasi untuk pengambilan keputusan. Gunung Agung
Siti, N., & Siregar, S. (2013). Persepsi Orang Tua terhadap Pentingnya Pendidikan bagi Anak. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 1(1), 11–27. http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma
Sujarwo. (2000). Pendidikan di Indonesia Memprihatinkan. Encyclopedia of volcanoes., 1995, 662.
Yulia, Y., Hasanah, M., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Rajiani, I. (2022). Economic Activities at Grocery Stalls along the Riverbank Communities on Banua Anyar. The Kalimantan Social Studies Journal, 4(1), Art. 1. https://doi.org/10.20527/kss.v4i1.5616
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.