https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/perduli/issue/feed PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 2024-06-21T16:01:29+07:00 Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta jurnalperduliunj@gmail.com Open Journal Systems <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/perduli/article/view/38550 Basic Research Capabilities Improvement Through Training of Supporting Research Tools 2024-06-21T14:40:26+07:00 Hera Khairunnisa unj.herakhairunnisa@gmail.com Destria Kurnianti destria@unj.ac.id Dwi Handarini dwihandarini@unj.ac.id Marsofiyati marsofiyati@unj.ac.id Muhammad Yusuf myusuf_fe@unj.ac.id Choirul Anwar choirul_anwar@unj.ac.id Karuniana Dianta dianta.sebayang@unj.ac.id Mundhiharno fau_smart@unj.ac.id Mohd Hasimi Yaacob mhasimi@ukm.edu.my Anggi Novia Fitriani anggi_1713422022@mhs.unj.ac.id <p>Research is an important activity for Higher Education. Higher Education always encourages its lecturers and students to conduct useful research for the society. The importance of improving the quality of basic research skills for students is the background of this activity. This Community Service activity aims to provide insight and understanding related to the use of research supporting tools such as VOSviewer, Publish or Perish, and Mendeley. This activity involved students from the Faculty of Economics Universitas Musi Rawas and the Faculty of Economics and Business, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA as the participant. The method of organizing this activity is a classical approach such as demonstrations from speakers, and interactive discussions with participants. The conclusion of the activity is that participants' insights and understanding of VOSviewer, Publish or Perish, and Mendeley have increased. These conclusions were obtained through questionnaires distributed to participants before and after the activity.</p> <p>Keywords: Research, Community Service, VOSviewer, Publish or Perish, and Mendeley.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/perduli/article/view/38210 Upaya Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Pendampingan Administrasi Sekolah Pertama (SMP) Bahagia di Yayasan Pendidikan Bahagia Kecamatan Pulo Gadung Kota Jakarta Timur 2024-06-21T15:46:39+07:00 Chyta Anindhyta chytawork@gmail.com Unifah Rosyidi unifahr@gmail.com Neti Karnati karnatineti62@gmail.com Rugaiyah rugaiyahfitri@gmail.com <p><em>Sekolah sebagai salah satu bentuk organisasi pada bidang pendidikan tidak luput dari perlunya melakukan&nbsp; administrasi sekolah. Dalam pelaksanaannya kegiatan administrasi sekolah khususnya pada sekolah swasta sampai saat ini masih dilakukan oleh kepala sekolah yang dibantu dengan staf adminstrasi sekolah yang ditunjuk. Padahal mereka secara resmi tidak dibekali oleh ilmu tentang administrasi sekolah atau perkantoran. Nampaknya, salah satu upaya yang diduga paling tepat adalah berfokus pada unsur para Kepala Sekolah sebagai pelaksana kegiatan administrasi sekolah yang tentunya tanpa mengabaikan unsur-unsur yang lainnya. Kemungkinan yang terjadi jika mereka tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup tentang kegiatan administrasi ini dan tidak adanya tenaga khusus yang menangani kegiatan sekolah seperti pegawai administrasi, maka para kepala sekolah kemungkinan besar akan mengalami banyak kesulitan dalam menangani segala bentuk admistrasi sekolah pada semua bidang seperti surat menyurat yang diperlukan dan kearsipan sekolah. Melalui upaya peningkatan kemampuan dalam melaksanakan kegiatan administrasi sekolah kepada para Kepala Sekolah dan Tenaga Administrasi Sekolah, diharapkan mereka dapat menerapkan dan memberi pengetahuan dan keterampilan tentang pelaksanaan kegiatan administrasi sekolah khususnya dalam korespondensi dan kearsipan sekolah pada para Tenaga Administrasi Sekolah di sekolahnya masing-masing. Dengan dilakukannya administrasi sekolah yang baik maka diharapkan mutu sekolah akan terealisasi. Upaya peningkatan kemampuan&nbsp; Kepala Sekolah dan Tenaga Administrasi Sekolah dalam melaksanakan kegiatan administrasi sekolah dapat dilakukan dengan berbagai jenis upaya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah diberikan pendampingan tentang kemampuan melakukan penyelenggaraan administrasi sekolah&nbsp; secara sistematis, yaitu melatih keterampilan korespondensi dan kearsipan yang berisi semua data-data dari setiap komponen sekolah. Bentuk kegiatan adalah pendampingan berupa workshop yang dirancang selama dua hari.</em></p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/perduli/article/view/46419 Penguatan Kurikulum Merdeka Belajar Guru PJOK Desa Bobojong Kabupaten Cianjur 2024-06-21T14:12:30+07:00 Oman Unju Subandi pradiyana07@gmail.com Fahmy Fachrezzy oman@unj.ac.id Abdul Halim oman@unj.ac.id Muhammad Wiyata Bhakti oman@unj.ac.id Lutvi Alparis oman@unj.ac.id <p>Sebagai upaya dalam mengatasi adanya <em>gap learning </em>dan pemulihan dari bencana pasca pandemi covid-19, hadinya kurikulum merdeka belajar ini untuk memudahkan guru dalam memberikan pembelajaran serta lebih menyenangkan. Kurikulum merdeka belajar dalam Namun, masih minim kesiapan dan keberanian guru dalam bereksplorasi, berinovasi, dan berkreasi. dalam Pembelajaran PJOK. Tujuan dari Merdeka Belajar PJOK ini untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya meningkatkan dan memelihara kebugaran jasmani, kesejahteraan diri, serta pola perilaku hidup sehat. Mitra kegiatan ini adalah MGMP PJOK dan IGORNAS Kota Cianjur, dengan tujuan adalah meningkatkan pengetahuan guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar dalam mata pelajaran PJOK. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan dalam dua bentuk yaitu (1) pelatihan dengan pemberian materi mengenai konsep dan implementasi kurikulum merdeka belajar, dan PJOK, (2) Diskusi tanya jawab terkait permasalahan implementasi kurikulum merdeka belajar PJOK. Kegiatan pengabdian ini sangat membantu bagi guru PJOK, karena diharapkan bagi guru mampu dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PJOK agar dapat tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan</p> 2024-06-18T20:27:41+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/perduli/article/view/38877 Eskalasi Literasi Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan Keluarga Sebagai Upaya Minimalisasi Digital Fraud 2024-06-21T16:01:29+07:00 Della Ayu Zonna Lia della.lia.fe@um.ac.id Raisa Fitri della.lia.fe@um.ac.id Rayie Tariaranie della.lia.fe@um.ac.id <p style="font-weight: 400;"><em>Literasi keuangan menjadi salah satu aspek penting dalam upaya pengelolaan keuangan keluarga. Indeks literasi keuangan Indonesia mencapai 49,5% pada tahun 2022 menurut OJK (Annur, 2022). Meskipun mengalami peningkatan, pengembangan softskill mengenai pengelolaan keuangan dalam keluarga masih perlu dilakukan guna efisiensi manajemen keuangan (Sukirman et al., 2019). Selain pengelolaan keuangan keluarga, literasi keuangan juga memiliki kaitan erat dengan pencegahan cybercrime atau digital fraud yang ada di masyarakat. Kejahatan berupa sim swap, OTP fraud, dan phishing menjadi salah satu kejahatan yang marak di Q1 tahun 2023 (Kristiani, 2023). Melalui kondisi tersebut, pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk mengedukasi ibu rumah tangga di Desa Bumiaji Kota Batu agar lebih memiliki kemampuan mengelola keuangan keluarga secara efektif terutama dalam upaya minimalisir digital fraud. Kegiatan sosialisasi dan pendampingan dilaksanakan di Balai Desa Bumiaji secara interaktif. Sehingga, peserta mampu memahami materi, melakukan diskusi dan mendapatkan jawaban atas permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan keluarga.</em></p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/perduli/article/view/40053 Pendampingan Baca Tulis Al Qur’an Siswa SMP di Kawasan Terdampak ROB Pekalongan 2024-06-20T19:40:27+07:00 Dian Dewi Lestari diandewil541@gmail.com Melanis Tofah melanis@gmail.com Haris Darmawan harisdarmawan0512@gmail.com <p><em>Siwalan's location in a coastal area affected by tidal floods affects children's enthusiasm for learning, especially in Islamic religious education. Seeing the condition of the area around SMP N 2 Siwalan, which is often affected by tidal floods, is one of the reasons why students lack knowledge about reading and writing the Koran. because when the tidal flood hits, students will not be able to go to the Koran at TPQ or Madrasahs that are affected by this tidal flood. This research is field research using a qualitative descriptive approach with data collection techniques of observation, interviews and documentation. In overcoming difficulties in learning the Qur'an, what has been done is by organizing a Qur'an Reading and Writing program.</em></p> <div id="02EE1082_CCB0_051F_6E0A_0F936B124ACD">&nbsp;</div> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024