PENINGKATAN HASIL BELAJAR DI KELAS MELALUI METODE BERMAIN PERAN DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V DI SDN KEBON PALA 09 PAGI MAKASAR JAKARTA TIMUR

  • Muhammad Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta
  • Iis Restugiarti Universitas Negeri Jakarta

Abstrak

Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas V dengan menggunakan metode bermain peran (simulasi) di SDN Kebon Pala 09 Pagi, Makasar Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Kebon Pala 09 Pagi, Makasar Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2014 sampai bulan April 2014 yaitu selama kurang lebih 2 bulan, dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan bermain peran di SDN Kebon Pala 09 Pagi Makasar Jakarta Timur ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V khususnya pada mata pelajaran IPS . Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil belajar pada Siklus-I sebesar 64,66%, dan meningkat pada Siklus-II sebesar 86,33 %. Sehingga kegiatan penelitian ini sudah dapat dikatakan berhasil.

Diterbitkan
2015-04-30