PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V SD PADA PEMBELAJARAN IPA

Studi Eksperimen di Wilayah Gugus Larasati, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan

  • Yetty Auliyati Universitas Negeri Jakarta
  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri Jakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan strategi pembelajaran kontekstual terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas V SD pada pembelajaran IPA. Sampel pada penelitian ini adalah 60 siswa kelas V SDN Menteng Atas 11 Pagi, Gugus Larasati, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan yang diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitiannya adalah metode eksperimen dengan desain pretest- posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah angket yang telah divalidasi secara teoretik dan empiris. Sebelum uji-t, dilakukan uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung=6,39 > ttabel=1,67 pada α= 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, maka dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran kontekstual terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas V SD.

Diterbitkan
2015-04-30