PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V SD PADA PEMBELAJARAN IPA
Studi Eksperimen di Wilayah Gugus Larasati, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan strategi pembelajaran kontekstual terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas V SD pada pembelajaran IPA. Sampel pada penelitian ini adalah 60 siswa kelas V SDN Menteng Atas 11 Pagi, Gugus Larasati, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan yang diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitiannya adalah metode eksperimen dengan desain pretest- posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah angket yang telah divalidasi secara teoretik dan empiris. Sebelum uji-t, dilakukan uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung=6,39 > ttabel=1,67 pada α= 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, maka dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran kontekstual terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas V SD.