BAHAN AJAR IPS SD MELALUI SASTRA ANAK BERBASIS KEUNGGULAN BUDAYA LOKAL

  • Ganes Gunansyah Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar pendidikan IPS SD yang berorientasi moral perception pada sastra anak berbasis keunggulan budaya lokal. Penelitian tahun pertama difokuskan untuk memperoleh kualitas dan kelayakan bahan ajar untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa jurusan PGSD FIP Unesa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research & Development (R&D) melalui rancangan 10 tahapan Borg & Gall (1983) yang dimodifikasi sesuai konteks dan dilaksanakan dalam 10 tahapan, yakni (1) survey: analisis kebutuhan & kendala, (2) reviu literatur dan produk penelitian terkait, (3) pengembangan draf (4) uji ahli, (5) uji lapangan terbatas, (6) revisi produk utama, (7) uji lapangan utama, (8) revisi produk yang telah diaplikasikan, (9) revisi produk akhir (10) desiminasi ke kancah lebih luas. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku ajar pendidikan IPS SD yang dikembangkan sudah sesuai dengan karakteristik mahasiswa PGSD. Secara umum, komponen kelayakan isi, kebahasaan, sajian dan kegrafikan sudah dinyatakan baik. Selain itu, bahan ajar yang dikembangkan tampak sudah memuat koneksi dengan elemen-elemen pokok kurikulum 2013, injeksi muatan sastra, peguatan persepsi moral serta mengintegrasikan keunggulan budaya lokal ke dalam pembahasan bahan kajian IPS. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan bahan ajar yang dikembangkan sudah layak untuk digunakan dengan revisi kecil.

Diterbitkan
2015-04-30