MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI LAGU ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DI KELAS 5 SDN PULOGEBANG 04 PAGI

  • Satrio Satrio Universitas Negeri Jakarta

Abstrak

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan bernyanyi lagu anak melalui penggunaan media audiovisual pada siswa kelas 5 SDN Pulogebang 04 Pagi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sistem spiral dengan teori dari Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas melalui tahapan perencanaan ,tindakan/pelaksanaan observasi, evaluasi serta refleksi.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa data tentang kemampuan bernyanyi lagu anak(hasil) dan data tentang penggunaan media audiovisual (proses). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan bernyanyi lagu anak di kelas 5 SDN Pulogebang 04 Pagi. Prosentase bernyanyi lagu anak pada siklus 1 mencapai 55,5%, pada siklus 2 mencapai 76,5%. Prosentase penggunaan media audiovisual pada siklus 1 mencapai 72 %, pada siklus 2 mencapai 77,5 %. Korelasi antara penggunaan media audio visual terhadap kemampuan bernyanyi lagu anak adalah sangat efektif dan meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa terhadap pembelajaran SBK.

Diterbitkan
2015-04-30