MEMBANGUN PRESTASI BELAJAR MELALUI TUTORIAL ONLINE

  • Sodiq Anshori Universitas Terbuka Madiun
Keywords: Belajar Mandiri, Tutorial Online

Abstract

Tutorial online sebagai salah satu bentuk layanan bagi mahasiswa, yang diharapkan dapar memberikan kontribusi dalam membangun keberhasilan prestasi belajar mahasiswa. Usaha membangun prestasi belajar melalui tutorial online ini nanpak pada proses selama aktivitas tutorial online. Sikap kemandirian, disiplin, tanggung jawab, keuletan, keingintahuan dan kebiasaan membaca sangat dibutuhkan dalam sitem pembelajaran ini. Karena itu belajar mandiri banyak ditentukan oleh kemampuan belajar secara efektif, kemampuan belajar bergantung pada kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan. Perbedaan tingkat perilaku belajar diantara mahasiswa inilah akan berakibat tingkat keberhasilan dari mereka berbeda pula. Ketepatan waktu penyelesaian belajar/lulus dengan hasil yang sangat memuaskan, namun ada diantara mahasiswa yang harus dengan menunda kelulusannya, karena kurang memenuhi indek prestasi kelulusan dari yang telah ditetapkan institusi. Ketidak lulusan mereka karena tidak adanya kontribusi nilai tutorial pada mata kuliah yang ditempuh. Tutorial.Online (Tuton), merupakan program bantuan dan bimbingan belajar yang diselenggarakan oleh UT yang bertujuan untuk memicu dan memacu proses belajar mandiri mahasiswa secara online tanpa terpaku dengan waktu dan tempat. Dengan tutorial online ini nampak adanya tingkat kontribusi yang berbeda antara mahasiswa masa registrasi pertama dan kedua. Pada masa registrasi pertama tergolong pada tingkat kontribusi kurang 47% (4) kontribusi sedang 30% (10) dan kontribusi baik 20% (6), sedang pada masa registrasi kedua tergolong pada kontribusi kurang 13% (4) kontribusi sedang 40% (12) dan kontribusi baik 47% (14 mahasiswa). Hal ini semua tergantung pada tingkat keaktifan mahasiswa selama melaksanakan tutorial online.

Published
2015-04-30