MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK USIA DINI PAUD DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR

  • Aay Nurhayati Rivai UPBJJ-UT Jakarta

Abstrak

Peningkatan ketrampilan berhitung dengan bermain kartu gambar pada anak usia prasekolah sangat penting, mengingat masih banyak ditemui anak didik yang masih rendah ketrampilannya dalam berhitung/matematika. Hal ini disebabkan antara lain masih kurangnya kemampuan/pengertian dari orang tua dan peran guru dalam peningkatan ketrampilan anak dalam berhitung/ membilang. Penelitian ini bertujuan menggambarkan pembelajaran dengan bermain kartu gambar demi meningkatkan kemampuan membilang pada anak secara klasikal maupun secara kelompok dan dalam proses terjadi peningkatan kemampuan membilang siswa. Untuk mencapai tujuan itu dilakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus tindakan. Siklus pertama di titik beratkan pada peningkatan partisipasi dan kemampuan membilang dalam permainan mencocokkan kartu gambar dan siklus kedua pada peningkatan membilang. Setiap siklus terdiri atas tahapan: persiapan, tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran membilang dengan kartu gambar secara klasikal siswa yang pemalu cenderung pasif sehingga ketika guru memberi tugas siswa untuk mencocok kartu kata dengan gambar siswa tidak mau dan perhatian sebagian siswa kurang terfokus dalam pembelajaran ini dan kemampuan membilangnya masih didominasi oleh siswa-siswa yang aktif. Dengan pembelajaran kemampuan membaca dengan media gambar secara kelompok siswa diajak untuk melakuakn permainan mencocokkan kartu gambar dengan gambar dengan teman sendiri dan guru bertindak sebagai fasilitator dan motivator. Kreativitas siswa, rasa malu siswa dapat diatasi dan kemampuan membilang siswa meningkat serta suasana pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.

Diterbitkan
2015-04-30