UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TERPADU DI KELAS II SDN KLENDER 16 PAGI JAKARTA TIMUR

  • Tiyustina Tiyustina SDN Klender 16 Pagi

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisa apakah penerapan Pembelajaran Terpadu dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman kelas II SDN Klender 16 Pagi Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan di SDN Klender 16 Pagi Jakarta Timur, khusunya di kelas II. Penelitian dilakukan dengan model spiral dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggar. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pemantauan-observasi, memberikan refleksi dan evaluasi, sebagai dasar untuk membuat perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Hasil pencapaian target kemampuan membaca pemahaman setiap siklus yaitu : Siklus I pertemuan 1 dengan hasil 42,22%, sedangkan pertemuan 2 hasil yang diperoleh adalah : 52,22%. Setelah dilakukan siklus II yang merupakan perbaikan pada siklus sebelumnya diperoleh hasil ; pertemuan 1 hasil, 77,50%, sedangkan pertemuan 2 diperoleh hasil 78,61%.

Diterbitkan
2015-04-30