PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PONDOK LABU 12 PAGI JAKARTA SELATAN

  • Sehati Kaban Universitas Negeri Jakarta
  • Tria Lutmila Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD, pendekatan saintifik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pondok Labu 12 Pagi Jakarta Selatan pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara intrumen tes, lembar pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan foto-foto sebagai rekaman dalam pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: pada siklus I jumlah siswa yang mendapat skor kategori baik sekali (skor 29-35) sebanyak 26 siswa sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang mendapat skor kategori baik sekali sebanyak 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa khususnya di SD Negeri Pondok Labu 12 Pagi Jakarta Selatan. Dengan demikian diharapkan guru hendaknya menggunakan pendekatan saintifik.

Published
2015-10-30