MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) SISWA KELAS IV SDN CILANGKAP 05 PETANG, JAKARTA TIMUR
Keywords:
Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran ARIASAbstract
Model pembelajaran ARIAS merupakan pemecahan masalah tentang rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Melalui penelitian tindakan ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa khususnya tentang perkembangan teknologi. Perumusan masalah yang diajukan adalah Bagaimanakah model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang perkembangan teknologi pada siswa kelas IV di SDN Cilangkap 05 Petang Jakarta Timur?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran ARIAS siswa kelas IV tentang perkembangan teknologi di SDN Cilangkap 05 Petang Jakarta Timur. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Cilangkap 05 Petang, menunjukkan bahwa model pembelajaran ARIAS yang digunakan dalam meningkatkan hasil belajar IPS dengan materi perkembangan teknologi sudah tepat. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan nilai hasil belajar IPS pada siklus I aspek kognitif, rata-rata nilai kelas sebesar 41,86%. Pada siklus II persentase rata-rata nilai kelas sebesar 55,81% mengalami peningkatan pada siklus III sebesar 86,05%. Hasil belajar aspek afektif menunjukkan persentase rata-rata nilai afektif kelas sebesar 50,58% dan mengalami peningkatan sebesar 62,35% pada siklus II dan mengalami peningkatan kembali pada siklus III sebesar 81,40%. Hasil belajar aspek psikomotor menunjukkan persentase rata-rata nilai psikomotor kelas sebesar 51,16% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 62,40% pada siklus II kemudian mengalami peningkatan kembali sebesar 82,95% pada siklus III. Dengan melihat tingkat keberhasilan tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS hasil belajar IPS meningkat pada materi perkembangan teknologi.