PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA MELALUI STRATEGI GUIDED DISCOVERY DI KELAS V SDN 10 PAMURUYAN CIBADAK SUKABUMI

  • A. R. Supriatna Universitas Negeri Jakarta
  • Neng Wulan Addarojat Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Motivasi, Strategi Guided Discovery

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empirik mengenai penerapan Strategi Guided Discovery untuk meningkatkan motivasi belajar IPA di kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 10 Pamuruyan Cibadak Sukabumi. Penelitian kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas menggunakan model siklus dari Kemmis dan MC. Taggart. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan observasi serta refleksi. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa apakah ada Peningkatan Motivasi Belajar IPA melalui Strategi Guided Discovery di Kelas V SDN 10 Pamuruyan Cibadak Sukabumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I sebesar 76% sedangkan siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 86%. Peningkatan prosentase tersebut sebesar 10%. Hasil pemantau tindakan guru dan siswa pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 88%. Peningkatan prosentase tersebut sebesar 13%. Dari data yang diperoleh, menunjukkan bahwa dengan menggunakan Strategi Guided Discovery dapat meningkatkan Motivasi Belajar IPA.

Published
2015-10-30