MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS IV SDN RAWAMANGUN 09 PAGI PULOGADUNG JAKARTA TIMUR

  • Rasyimah Rasyid UPBJJ-UT Jakarta
Keywords: hasil belajar IPA, contextual teaching and learning (CTL)

Abstract

Pendekatan CTL dalam pembelajaran IPA membuat pembelajaran lebih bermakna karena proses pembelajaran berlangsung secara alamiah dalam bentuk anak mengalami apa yang dipelajarinya sekaligus siswa akan membangun sendiri pengetahuannya dan selalu mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata siswa, sehingga membuat daya ingat siswa lebih bertahan lama. Pendekatan CTL membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran khususnya dalam merumuskan konsep yang melibatkan kemampuan intelektual mereka dalam berpikir dan emecahkan masalah serta melibatkan kemampuan sosial mereka dalam bekerja sama merumuskan suatu konsep yang pada akhirnya meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar. Pendekatan CTL menunjukkan efektif dalam meningkatan motivasi belajar IPA terlihat dari pengaruhnya terhadap siswa tentang penguasaan materi tentang energi dan tentunya penerapan yang tepat sangat bermanfaat bagi siswa dalam kehidupannya dimasyarakat.

Published
2015-10-30