PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Studi Eksperimen di SD Negeri Karang Tengah 4 Tangerang

  • Mohamad Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta
  • Siska Oktavera SD Negeri Karang Tengah 4 Tangerang
Keywords: Media Video, Media Gambar, Kemandirian Belajar, Hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media pembelajaran meliputi media video dan media gambar serta kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA pada pokok bahasan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan dan teknologi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Karang Tengah 4 Tangerang, dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan treatment by level 2 x 2. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil penelitian mennjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA pada pokok bahasan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan dan teknologi antara kelompok yang diberikan media video dan kelompok yang diberikan media gambar (2) terdapat Interaksi antara media pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA pada pokok bahasan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan dan teknologi.

Published
2015-10-30