PENINGKATAN SIKAP KEADILAN MELALUI PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS TEMATIK TERPADU PADA SISWA KELAS IV SD ISLAM AL AZHAR 13 RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR

  • Nina Nurhasanah Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Sikap Keadilan, PPKn, Pembelajaran Tematik Terpadu

Abstract

Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk menganalisis peningkatan sikap keadilan siswa kelas IV SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun dengan menggunakan pembelajaran tematik terpadu dalam PPKn. Penelitian dilakukan dikelas IV SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun Jakarta Timur, dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan pada semester I tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap pada setiap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan pengamatan/observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui dokumentasi/foto yang diambil pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tematik terpadu pada siklus I adalah 61,8%, dan siklus II 77,2%. Adapun skor rata-rata sikap keadilan siswa pada siklus I adalah 70,20, dan siklus II 74,24 dari skor secara teoretis berkisar antara 20-80. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tematik terpadu dapat meningkatkan sikap keadilan siswa. Implikasi dari penelitian adalah melalui pendekatan tematik terpadu dalam pembelajaran PPKn dapat dijadikan salah satu alternatif untuk menumbuhkan atau meningkatkan sikap keadilan siswa kelas IV SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun Jakarta Timur.

Published
2016-04-29