MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV DI SDN RAWAMANGUN 09 PAGI PULOGADUNG JAKARTA TIMUR.

  • Ajat Sudrajat Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Hasil belajas IPS dengan menggunakan model picture and picture

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang aktivitas dan sumber daya alam melalui model pictue and picture di kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi, Pulogadung Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan di SDN Rawamangun 09 Pagi, yang berlokasi di Jalan Pemuda No.06 Kelurahan Rawamangun Kec. Pulogadung Jakarta Timur.Waktu penelitian dilaksanakan selama 3 bulan yaitu bulan Januari-Maret tahun 2016 pada semester 2 tahun pelajaran 2015-2016. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan 4 tahap setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model picture and picture. Pada siklus I 55,17%, pada siklus II 89,65%, dengan demikian model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah model picture and picture dapat dijadikan sebagai salah satu cara meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV sekolah dasar.

Published
2016-04-29