PENGARUH PENGGUNAAN PROGRAM COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI WILAYAH GUGUS V KECAMATAN TAMBUN SELATAN

Authors

  • Yetty Auliaty Universitas Negeri Jakarta
  • Yudi Hermawan Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Hasil Belajar IPA, Metode Eksperimen, Klaster Random Sampling, CIA

Abstract

Pengaruh Penggunaan Program Computer Assisted Instruction (CAI) terhadap Hasil Belajar IPA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan CAI terhadap hasil belajar IPA pada materi sifat bahan dan perubahan benda. Penelitian menggunakan sampel yang diambil dengan menggunakan teknik Klaster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar IPA dengan materi sifat bahan dan perubahan benda, kemudian dihitung normalitas data menggunakan Lilliefors dan homogenitas kelas menggunakan uji F. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas tidak homogen. Selanjutnya dianalisa dengan uji t. Hasil penghitungan uji-t, diperoleh harga thitung sebesar 3.56. Harga ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 34 adalah 1,70. Oleh karena harga thitung lebih besar daripada ttabel (2,26 > 1,70), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima. Dengan demikian, program CAI berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA pada materi sifat bahan dan perubahan benda.

Downloads

Published

2016-04-29