PEMAHAMAN KONSEP JUAL BELI DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR MELALUI METODE ROLE PLAYING

  • Sodiq Anshori
Keywords: Bermain peran (role playing), Konsep jual beli

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (social studies) adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif, dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku, dan interaksi manusia pada masa kini, dan masa lalu. IPS dijadikan sebagai mata pelajaran untuk siswa sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah tingkat pertama (SMP/SLTP). Sedangkan untuk tingkat di atasnya, mulai dari sekolah menengah tingkat atas (SMA) dan perguruan tinggi, ilmu sosial dipelajari berdasarkan cabang-cabang dalam ilmu tersebut khususnya jurusan atau fakultas yang memfokuskan diri dalam mempelajari hal tersebut. IPS bukan hanya penugasan kumpulan pengatahuan yang berupa konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga meliputi gejala-gejala dan masalah kehidupan manusia di masyarakat. Pendidikan IPS diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan membuat peserta didik mampu berinteraksi dengan masyarakat luar. Pembelajaran IPS dibuat menarik dengan menggunakan metode bermain peran (role playing), dengan metode ini menjadikan siswa lebih mudah memahami materi, dan siswa lebih aktif dalam pembelajaran yang berlangsung dan siswa akan mendapat pengalaman belajar. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran (role playing), sangat efektif digunakan dalam perbaikan pembelajaran dan peningkatan prestasi belajar siswa. Dalam penanaman konsep jual beli di SD materi ini berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari, dan menjadikan siswa lebih mengerti dan faham akan konsep jual beli yang dipelajarinya.

Published
2016-04-29