UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE MONTESSORI PADA SISWA KELAS I DI SDN RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR

Authors

  • Aay Aay

Keywords:

Kemampuan Membaca Permulaan, Metode Montessori, Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Karangmekar 03 Kedungwaringin Bekasi dengan menggunakan Metode Montessori. Penelitian dilaksanakan di SDN Karangmekar 03 Kedungwaringin Bekasi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan selama bulan Maret sampai dengan Mei 2013. Terdiri dari tahap prapenelitian dan tiga siklus tindakan yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa yang memperoleh nilai ≥KKM mencapai 61% atau 16 siswa dari 26 siswa dengan rata-rata 66,92, pada siklus II mencapai 76% atau 20 siswa dari 26 siswa dengan rata-rata 74,13, pada siklus III mencapai 88% atau 23 siswa dari 26 siswa dengan rata-rata 80,19, penelitian ini dianggap berhasil karena sudah mencapai kriteria yang ditentukan yaitu 80%. Data yang diperoleh menunjukan bahwa penggunaan metode Montessori dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya pembelajaran membaca permulaan, mengajarkan siswa lebih percaya diri dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, serta mengajarkan siswa lebih disiplin dan teliti dalam perabaan kartu huruf yang terbuat dari kertas kasar.

Downloads

Published

2016-04-29