PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR

  • Fahrurrozi Fahrurrozi Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pembelajaran Membaca Permulaan, Sekolah Dasar

Abstract

Sebagai salah satu keterampilan berbahasa, membaca merupakan sesuatu yang kompleks untuk dapat dikuasai. Kemampuan membaca seseorang dilalui dengan tahapan membaca permulaan dan membaca lanjutan. Membaca permulaan diberikan kepada siswa kelas I dan II sedangkan untuk membaca lanjutan siswa kelas III, IV, V, dan VI. Kemampuan membaca permulaan adalah kompetensi yang dimiliki oleh siswa dalam melafalkan simbol-simbol dengan suara yang jelas dan tepat. Oleh karena itu, membaca permulaan menjadi sesuatu yang penting untuk dikuasai terlebih dahulu oleh siswa sebelum memperoleh/belajar membaca lanjutan. Penguasaan membaca permulaan sangat dipengaruhi oleh bagaimana guru mampu mengembas berbagai pendekatan, metode dan strategi yang digunakan dalam mengajarkan membaca permulaan.

Published
2016-10-31