MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PERMAINAN MENGGUNAKAN BOLA BESAR DALAM PENDIDIKAN JASMANI DI KELAS V SD

Penelitian Tindakan Kelas di SDN Ciracas 10 Jakarta Timur

Authors

  • Rosinar Siregar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Setiabudi 1 Kelurahan Setiabudi, Setiabudi Jakarta Selatan 12910, Indonesia
  • Julia Carissa SD di Ciracas 10 Jakarta Timur

Abstract

 

This study aims to obtain data about increasing student learning motivation through learning to use large balls in learning Physical Education. This research was conducted in the 5th grade of Ciracas 10 Elementary School in July 2017, using the ResearchScript method (classroom action research) consisting of 2 cycles with 4 main activities namely planning, action, observation, and reflection. The results showed the percentage of students' learning motivation data in the first cycle was 67.57%. In the second cycle there was a significant increase of 100%. While the data for monitoring actions with large numbers in the first cycle 75% and in the second cycle increased to 95%. From the results of research can be quantitative using large balls can increase student motivation to learn Physical Education. The conclusion is that Physical Education learning using large movements can be used to increase student motivation in class V SDN Ciracas 10 East Jakarta.

 

 

 

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang peningkatan motivasi belajar siswa melalui permainan menggunakan bola besar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 5 SDN Ciracas 10 pada bulan Juli 2017, menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan persentase perolehan data motivasi belajar siswa pada siklus I 67,57%. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 100%. Sedangkan data untuk pemantau tindakan pembelajaran dengan permainan menggunakan bola besar pada siklus I 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 95%. Dari hasil penelitian dapat diisimpulkan bahwa dengan permainan menggunakan bola besar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Jasmani. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran Pendidikan Jasmani dengan menggunakan permainan menggunakan bola besar dapat dijadikan cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V SDN Ciracas 10 Jakarta Timur.

Downloads

Published

2017-10-31