PENGARUH GAYA BELAJAR DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 6 GUGUS 7 KECAMATAN KEMAYORAN JAKARTA

  • Kartini Kartini Guru SDN Sumur Batu 15 Petang Kemayoran Jakarta Pusat
Keywords: Gaya Belajar, Perhatian orangtua, hasil belajar IPS

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini : 1) Adakah pengaruh gaya belajar dan perhatian orangtua, terhadap hasil belajar, 2) Seberapa besarkah pengaruh gaya belajar dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dan pengaruh gaya belajar dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 6 SDN di gugus 7 Kecamatan Kemayoran Jakarta tahun 2016/2017. Manfaat penelitian ini dapat memperkaya wawasan pengembangan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 6 SDN di gugus 7 Kecamatan Kemayoran Jakarta. Populasi terdiri dari 384 siswa dari 9 sekolah dasar negeri di gugus 7 Kemayoran. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proposional random sampling yang berjumlah 120 siswa. Hasil penelitan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif persentase kemudian dianalisis dengan analisis regresi linier berganda, uji simultan dan uji parsial. Hasil analisis linier regresi berganda diperoleh persamaan regresi Y = 1,967 + 0,048 X1 + 0,122 X2. Ada pengaruh signifikan gaya belajar dan perhatian orang tua, terhadap hasil belajar dilihat dari hasil analisis data uji F diperoleh F hitung sebesar 11,713 dengan nilai probabilita sebesar 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh gaya belajar dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar secara simultan adalah sebesar 71,9% sedangkan 28,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini gaya belajar dan perhatian orangtua, dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu Guru sebaiknya memahami gaya belajar yang dimiliki siswanya sehingga dalam kegiatan pembelajaran di kelas dapat berjalan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar. Orang tua memiliki kewajiban untuk menyediakan saran dan prasaran belajar yang memadai dirumah untuk belajar, serta memberikan dukungan yang penuh terhadap putra-putri mereka pada saat belajar dirumah sehingga belajar siswa disekolah dapat mencapai hasil yang lebih baik.

Published
2017-10-31