MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP SISWA KELAS V SDN PENGGILINGAN 05 PAGI CAKUNG JAKARTA TIMUR

  • Ajat Sudrajat Universitas Negeri Jakarta
  • Eka Septianah Universitas Negeri Jakarta
Keywords: artikulasi, hasil belajar

Abstract

Pembelajaran IPS di kelas VD SDN Penggilingan 05 Pagi Cakung Jakarta Timur belum optimal, aktivitas dan hasil belajar siswa belum sesuai harapan. Materi IPS yang banyak dan luas, metode mengajar yang digunakan monoton, penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat, dan model pembelajaran yang kurang interaktif serta siswa tidak terlibat langsung dalam pembelajaran merupakan faktor yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model artikulasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 (dua) siklus. Tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VD SDN Penggilingan 05 Pagi Cakung Jakarta Timur yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar pada siklus I sebesar 63,33% siswa mencapai KKM dan siklus II meningkat 33,34% menjadi 96,67% siswa yang mencapai KKM. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model artikulasi dapat dijadikan sebagai salah satu model mengajar guru untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Published
2017-10-31