PENERAPAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA DI KELAS IV SDN CIPUTAT 04 KECAMATAN CIPUTAT KOTA TANGERANG SELATAN PROVINSI BANTEN
Keywords:
Belajar IPA, keterampilan prosesAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data tentang penerapan pendekatan proses untuk meningkatkan minat belajar IPA di SDN Ciputat 04 Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan keterampilan proses yang terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukan data yang diperoleh pada instrumen pemantau tindakan guru dan siswa di siklus I melalui pendekatan keterampilan proses sebesar 66,7% dan di siklus II sebesar 90%. Adapun untuk prosentase hasil minat belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 62,5% dan di siklus II sebesar 87,5%. Dari data tersebut menunjukan bahwa dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan minat belajar IPA khususnya di kelas IV SD. Implikasi Hasil Penelitian ini adalah pebelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan minat belajar IPA siswa di kelas IV SDN Ciputat 04 Kecamatan Ciputat.