Model Silabus Komputer Arab Berbasis Keterampilan Abad Ke-21
Keywords:
evaluasi, aplikasi, daring, ArabAbstract
Globalisasi dan percepatan teknologi informasi pada abad 21 melahirkan paradigma baru dalam dunia pendidikan. Guru tidak hanya dituntut mentransfer pengetahuan, tetapi juga membekali mahasiswanya dengan berbagai keterampilan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah silabus mata kuliah Komputer Arab berbasis keterampilan abad 21 pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Successive Approximation Models 1 (SAM1) yang dipadukan dengan model desain silabus Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Model Successive Approximation Models 1 (SAM1) terdiri dari 3 tahapan pengembangan yang diawali dan diakhiri dengan evaluasi, tahapan-tahapanya yaitu: (1) Evaluasi (analisis), (2) desain, (3) pengembangan, dan (4) Evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui kuesioner untuk penilaian tim ahli dan wawancara untuk uji coba satu-satu. Analisis data menggunakan skala Guttman yaitu skor 1 untuk jawab “Ya” dan 0 untuk “Tidak”. Berdasarkan hasil penilaian tim ahli dan dan dosen pengampu, silabus yang dikembangkan ini dinilai sangat baik dan sesuai dengan prinsip pengembangan keterampilan abad 21.