Aplikasi Tara untuk Pembelajaran Teks Prosedur bagi Pemelajar BIPA

  • Siti Farah Universitas Negeri Jakarta
  • Reni Nur Eriyani Universitas Negeri Jakarta
  • Sintowati Rini Utami Universitas Negeri Jakarta
Keywords: media pembelajaran, teks prosedur, BIPA

Abstract

Pada pembelajaran BIPA terdapat empat kompetensi berbahasa yang diajarkan, dua kompetensi, kompetensi menyimak dan membaca, memerlukan media pembelajaran yang dapat mempermudah dalam pembelajaran. Selain itu, berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, teks prosedur memerlukan media pembelajaran yang menarik untuk digunakan dalam pembelajaran. Tema yang dipilih adalah makanan khas Indonesia. Pemelajar BIPA sangat antusias ketika membahas makanan khas Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi Tara (Citra Rasa Nusantara) media pembelajaran teks prosedur bagi pemelajar BIPA, khususnya BIPA 2.  Penelitian ini menggunakan metode Research and Development, yakni gabungan metode penelitian kualitatif dan kuantitaif. Model pengembangan yang digunakan iaitu ADDIE). Namun, penelitian ini hanya dibatasi hingga tahap pengembangan atau development. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket analisis kebutuhan. Analisis data dilakukan dengan deskripsi analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Data dikumpulkan dan dihitung dengan skala Likert (1—5). Hasil penelitian didapatkan bahwa telah berhasil dikembangan media pembelajaran teks prosedur bagi pemelajar BIPA berupa aplikasi Tara yang diakses melalui gawai yang berbasis android dan juga peramban. Kualitas media pembelajaran yang telah dikembangkan mendapatkan kategori sangat baik dengan nilai 84,83% dari ahli media dan kategori baik dengan nilai 81,31% dari ahli materi. Aplikasi Tara dapat digunakan dalam pembelajaran teks prosedur bagi pemelajar BIPA 2, khususnya pada elemen kompetensi 2.2 Mampu mengidentifikasi informasi penting yang terdapat dalam teks berupa instruksi, pengumuman, percakapan, dan lain-lain.  (Elemen Kompetensi Menyimak) dan 4.1 Mampu melaksanakan tugas sederhana dan rutin sesuai dengan isi teks berupa petunjuk, instruksi, prosedur, dan lain-lain. (Elemen Kompetensi Membaca).

Published
2021-12-05