Media Industri Kreatif Bahasa, Sastra dan Seni dalam Kemasan Musik Kontemporer
Keywords:
industri kreatif, sastra dan seni, musik kontemporerAbstract
Perhatian masyarakat Indonesia, baik pada kalangan anak-anak, remaja, maupun dewasa, terhadap budaya bahasa sastra dan seni daerah di Indonesia belum optimal. Akan tetapi, perhatian masyarakat tentang musik cukup tinggi. Hal itu membuktikan bahwa perhatian masyarakat pada bidang musik lebih tinggi daripada bidang bahasa, sastra dan seni lokal daerah. Oleh karena itu, kesadaran dan perhatian masyarakat atas bahasa sastra dan seni lokal daerah perlu ditingkatkan. Sebagai upaya untuk meningkatkan perhatian masyarakat terhadap kekayaan budaya Indonesia. Penulis mencoba melakukan kolaborasi antara kedua hal tersebut, yaitu memanfaatkan media musik Kontemporer sebagai sarana untuk mempropagandakan nilai-nilai budaya, bahasa, sastra dan seni, khususnya dalam kemasan musik kontemporer. Adapun kebudayaan yang dipilih adalah Musik kontemporer yang mengusung nilai nilai bahasa, sastra dan seni karya anak negeri, yaitu LoZ yang berkolaborasi dengan tuan tigabelas yang memberikan motivasi kepada masyarakat khususnya generasi penerus untuk terus mencintai adat budaya dan sastra yang mengambil tema adat budaya Lampung. Dengan demikian, alternatif industri kreatif berbasis bahasa dan sastra dan Seni dalam kemasan musik kontemporer dirasakan sangat berpotensi menumbuhkan kesadaran masyarakat mencintai dan melestarikan budaya bangsa Indonesia, terutama bagi generasi muda.