Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Blended Learning pada Mata Kuliah Menulis Populer Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  • Siti Ansoriyah Universitas Negeri Jakarta
  • Sam Muchtar Chaniago Universitas Negeri Jakarta
  • Nurita Bayu Universitas Negeri Jakarta
Keywords: analisis kebutuhan, bahan ajar, project based learning, menulis populer

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kebutuhan bahan ajar pada mata kuliah menulis populer yang akan dikembangkan secara blended learning. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 30 mahasiswa semester 1 angkatan 2020 danĀ  dosen yang mengampu mata kuliah menulis populer di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan proses pengumpulan data melalui observasi selama kurang lebih 1 bulan dengan wawancara 10 mahasiswa, kuesioner yang dilakukan berjumlah 30 mahasiswa untuk menganalisis mengenai kebutuhan mahasiswa. Dari 30 kuesioner di identifikasi mengenai mata kuliah menulis populer, wawancara dosen, danĀ  kuesioner analisis kebutuhan dosen. Hasil observasi menunjukan bahwa bahan ajar mata kuliah menulis populer yang digunakan masih menggunakan bahan ajar yang berbasis industri kreatif, sedangkan kurikulum pembaharuan harus berbasis prodject based learning dan menggunakan buku teks digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keterbatasan dan kekurangan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa yang disesuaikan dengan Rencana Pembelajaran kurikulum Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses belajar mengajar secara terintegrasi. Kesimpulan dari analisis kebutuhan menunjukkan bahwa bahan ajar blanded learning berbasis prodject based learning pada mata kuliah menulis populer sangat dibutuhkan dan diharapkan dapat menjadi bahan ajar yang relevan dengan kurikulum sehingga dapat mendukung kompetensi mahasiswa

Published
2021-12-05