Model Evaluasi Daring untuk Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab
Keywords:
evaluasi, aplikasi, daring, arabAbstract
Pada awal pandemi Covid-19, guru-guru diharuskan untuk melakukan penyesuaian pada proses penilaian pembelajaran, dari berbasis kertas dan tatap muka menjadi sepenuhnya daring. Seringkali proses penilaian daring tidak dapat mengukur kemampuan pemahaman siswa secara tepat karena adanya jarak psikologis, dan adanya keterbatasan guru untuk menggunakan berbagai assessment tools. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi dan saran model evaluasi menggunakan alat evaluasi daring yang mudah diakses dan mudah digunakan guru untuk menilai empat keterampilan berbahasa Arab bagi siswa. Para guru diberikan pelatihan dan pendampingan melalui program pengabdian kepada masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 1) siswa lebih menyukai aplikasi yang memiliki akses terbuka, gratis dan dapat diinstal pada perangkat mobile, sehingga guru perlu memperhatikan karateristik generasi saat ini, 2) guru membutuhkan persiapan dan instrumen penilaian yang cermat, maka guru dilatih menggunakan assessment tools yang mudah dan menarik untuk digunakan, dan 3) guru dapat menentukan jenis aplikasi yang sesuai untuk diterapkan bersama dengan instrumen penilaian