Pengembangan Media Pembelajaran Game Trivia pada Materi Teks Anekdot

  • Sagita Ayu Prilidiningrum Universitas Negeri Jakarta
  • Reni Nur Eriyani Universitas Negeri Jakarta
  • Nurita Bayu Kusmayati Universitas Negeri Jakarta
Keywords: media pembelajaran, game trivia, teks anekdot

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi game trivia pada materi teks anekdot. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development, yakni gabungan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Model yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa telah berhasil dikembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi game trivia yang dapat diakses secara fleksibel. Kemudian, kualitas aplikasi game trivia yang telah dikembangkan berkategori sangat layak/sangat baik berdasarkan rata-rata penilaian validator, yaitu sebesar 93,66% dengan masing-masing penilaian ahli materi sebesar 91,67%, ahli media sebesar 90,67%, dan guru bahasa Indonesia sebesar 98,64%. Selain itu, penilaian respons siswa pada uji coba lapangan adalah sangat baik sebesar 88,45%. Aplikasi game trivia ini memiliki implikasi dalam pembelajaran, yaitu dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot siswa. Keterbatasan aplikasi game trivia ini adalah soal-soal hanya berbentuk pilihan ganda dan tidak tersaji format dalam bentuk isian dan esai dikarenakan keterbatasan pemrograman. Pengembang  dapat mengatasi keterbatasan tersebut dengan menggunakan aplikasi pembuat game lainnya sehingga format soal lebih bervariasi. Dengan demikian, aplikasi game trivia layak digunakan dan dapat dijadikan media pembelajaran teks anekdot yang menarik dan menyenangkan

Published
2021-12-05