Peran Mahasiswa sebagai Penggerak Literasi Bahasa dalam Program Kampus Mengajar Di SD Negeri 02 Longkeyang, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah

  • Wisnu Widjanarko Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah
  • Yusida Lusiana Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah
  • Fifinain Mufrida Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Melia Erba Robani Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah
Keywords: literasi bahasa, pojok literasi, mahasiswa, kampus mengajar

Abstract

Era masyarakat informasi merupakan salah satu keniscayaan masa depan dengan kecakapan literasi bahasa sebagai sallah satu fundamentalnya. Masih rendahnya budaya literasi bahasa di Indonesia menjadi salah satu faktor yang melatarbelakangi kegiatan Kampus Mengajar dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Perguruan Tinggi dengan mahasiswa sebagai penggerak utamanya. Naskah ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran mahasiswa dalam penguatan literasi bahasa pada siswa di program tersebut, yang salah satunya berlangsung di SD 02 Longkeyang Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah. Menggunakan pendekatan deskriptif kualititatif, melalui diskusi terpumpun dan analisis dokumen serta analisis data interaktif, maka mahasiswa telah berperan aktif sebagai aktor penggerak literasi bahasa melalui program Pojok Literasi. Melalui program tersebut, diharapkan siswa menjadi lebih tertarik untuk membaca karena dikemas dengan lebih memperhatikan aspek psikologis siswa termasuk menyesuaikan situasi pandemi yang sedang berlangsung.

Published
2021-12-24