PENERAPAN METODE BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM IRAMA
Keywords:
Metode Bermain, Senam IramaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk meningkatkan hasil belajar senam irama pada siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Kebon Kosong 15 Pagi, Jalan Ketapang Baru II Kebon Kosong Kemayoran Jakarta Pusat melalui Model bermain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan. Pada penelitian ini, peran peneliti adalah sebagai pemeran aktif, meneliti dan terlibat langsung dalam keseluruhan proses belajar mengajar (penelitian), mulai dari kegiatan pra observasi, perencanaan, sampai pada tahap refleksi dalam setiap perlakuan. Selain itu, peneliti bertindak sebagai perencana, pelaksana, pengolah, dan penganalisis data. Tempat: SDN Kebon Kosong 15 Pagi, Jalan Ketapang Baru II Kebon Kosong Kemayoran Jakarta Pusat. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas 5 dengan keseluruhan rombongan belajar 68 siswa. Peneliti menggunakan beberapa alat pengumpul data yang mendukung tercapainya hasil yang maksimal. Alat pengumpul data yang akan digunakan yakni peneliti sebagai instrumen utama, format pengamatan, catatan lapangan, daftar wawancara, dokumentasi, serta tes kemampuan senam irama. Analisi data dalam penelitian tindakan dilakukan secara deskriptif kuantitatif maupun kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh kondisi awal nilai persentase ketuntasan sebesar 23% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 orang, hasil siklus I dengan persentase ketuntasan 65% jumlah siswa yang tuntas sebanyak 44 orang, dan hasil siklus II persentase ketuntasan 88% jumlah siswa yang tuntas sebanyak 60 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; dengan metode bermain hasil belajar senam irama meningkat.