Pembelajaran Berbasis Gerak sebagai Cara Pembelajaran yang Kreatif untuk Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19

  • A Aryati Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta
  • Kurnia Tahki Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta
  • Aan Wasan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta
  • S Susilo Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Anak Usia Dini, Covid-19, Gerak, Pembelajaran Kreatif

Abstract

Pada masa pandemi covid-19 saat ini, orang tua banyak
berperan dalam pendidikan akademis sehari-hari. Orangtua menjadi
pengganti guru sekolah untuk menjalankan pembelajaran pada anak
usia dini di rumah. Seringkali orangtua anak usia dini selama ini
hanya memfokuskan pembelajarannya untuk mengembangkan
kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Kegiatan-kegiatan
tersebut seringkali dilakukan dalam bentuk aktifitas yang bersifat
pasif atau disebut sedentary activity (duduk, menonton, dan lainlain). Padahal, anak usia dini memiliki fitrah untuk bermain yang
banyak melibatkan aktifitas fisik atau aktifitas gerak. Oleh karena itu
diperlukan pembelajaran berbasis gerak untuk anak usia dini agar
orangtua lebih mudah dalam menjalankan proses pembelajaran di
rumah selama masa pandemi covid 19. Selain dapat mengembangkan
kemampuan gerak anak, pembelajaran berbasis gerak yang dirancang
secara kreatif juga dapat mengembangkan aspek perkembangan
lainnya seperti: aspek religi, aspek kognitif, aspek sosial emosional,
aspek bahasa, atau aspek seni. Artikel ini membahas implementasi
pembelajaran kreatif berbasis gerak untuk anak usia dini yang dapat
diterapkan oleh orangtua di rumah pada masa pandemi covid-19.

Published
2022-06-27